George Lucas
Di Amerika tugas produser adalah
Tugas utamanya keuangan
dan mengorganisasi.
Manajerial Organisasi
Produser prinsip dasarnya bersifat "independen", menggali proyek film dan mencoba meyakinkan perusahaan membiayai film untuk produksi atau mendistributorkan film.
Seorang produser dapat terikat bekerja
untuk sebuah perusahaan distribusi dan menghasilkan ide-ide untuk film. Namun sebuah PH (studio) A juga
dapat menyewa produser untuk mengumpulkan paket produksi tertentu.
Produser mengawali proyek ini melalui
proses penulisan naskah, memperoleh dukungan keuangan, dan mengatur untuk
menyewa personel (kru) yang terlibat dan akan bekerja pada produksi film tertentu.
Selama shooting dan assembling, produser biasanya
bertindak sebagai penghubung antara penulis ataupun sutradara dan
perusahaan yang membiayai film.
Setelah film selesai, produser sering memiliki
tugas mengatur distribusi, promosi, dan pemasaran film serta pemantauan
kembali untuk membayar/mengembalikan uang yang diinvestasikan dalam produksi.
Seorang produser tunggal dapat mengambil semua tugas ini,
tapi di industri film kontemporer Amerika, pekerjaan produser dibagi-bagi lagi, menjadi : Produser Eksekutif, Line Producer, Produser Manajerial, dan Produser Manajerial Waktu.
Manajerial Biaya
Saat naskah yang sedang ditulis atau ditulis ulang, produser merecanakan biayai film.
Dia mencari sutradara dan bintang-bintang untuk membuat paket investasi yang
menjanjikan tampaknya.
Produser harus menyiapkan list anggaran di atas garis biaya (biaya properti sastra, penulis naskah, sutradara, dan
pemain utama) dan
biaya di bawah garis (biaya yang dialokasikan ke kru, pemain sekunder, fase shooting dan assembling, asuransi,
dan publisitas).
Jumlah biaya di atas dan di bawahgaris disebut
biaya negatif (yaitu, biaya total untuk memproduksi master film negatif). Pada
tahun 2005, biaya rata-rata negatif Hollywood berada di sekitar $
60 juta.
Manajerial Waktu
Produser mengasumsikan bahwa syuting terpisah
akan dibuat dari kesinambungan -yaitu, dalam urutan yang paling nyaman untuk
produksi- dan nantinya dimasukkan ke dalam urutan yang tepat di ruang editing.
Karena sejak mengangkut peralatan dan personil ke lokasi adalah biaya
besar, produser biasanya lebih suka untuk syuting semua adegan terjadi di satu lokasi pada satu waktu. Untuk
Jurassic Park, kedatangan karakter utama di pulau itu dan keberangkatan
mereka pada akhir film keduanya dishoot pada awal produksi, selama tiga minggu dengan lokasi di
Hawaii.
Produser A juga harus merencanakan untuk men-shoot aktor yang
tidak bisa di set setiap hari. Banyak produser mencoba untuk membuat jadwal
adegan yang paling sulit di awal, sebelum pemain dan kru mulai bosan.
Film Raging Bull, merupakan hal yang kompleks dalam produksinya, bagaimana adegan seorang petinju bayaran yang untuk pertama kalinya difilmkan, dengan adegan dialognya disyuting kemudian. Suatu hal yang harus dipikirkan seorang produser untuk menjaga segalanya dan segala kemungkinannya, dari jadwal pemain terhadap cast, kru, lokasi, dan bahkan musim yang paling efisien untuk berproduksi.
Selama praproduksi, beberapa kegiatan berlangsung secara bersamaan dan ini tetap di bawah
pengawasan sutradara dan produser.
Selama shooting, saat dilapangan, produser diwakili oleh unit yang disebut kru produser. Sebagai titik sentral di
sini adalah line produser, yang mengelola bisnis organisasi sehari-hari,
seperti mengatur makanan dan akomodasi.
Komentar
Posting Komentar