Penjelasan pemikiran sejarah seni
Patung Ka
Untuk memahami suatu objek, sejarawan
seni mempertimbangkan konteks pembuatannya, termasuk kepercayaan budaya yang
berlaku dan tujuan objek tersebut. Misalnya, memahami patung Ka Djoser
membutuhkan pengetahuan tentang ide-ide Mesir tentang kematian, jiwa, dan
kehidupan setelah kematian.
Banyak seni Mesir kuno, ritual, dan
aktivitas bangunan monumental dikaitkan dengan kematian. Transisi seseorang ke
alam baka adalah perhatian utama, oleh karena itu menjadi subjek seni dan
bangunan. Sebuah bangunan persegi kecil di sebelah piramida anak tangga Djoser,
yang dikenal sebagai Pengadilan Serdab, memiliki patung raja yang duduk hampir
seukuran aslinya yang terlihat melalui lubang di dinding yang kokoh (Gbr. bawah).
Orang Mesir kuno percaya bahwa manusia terdiri dari tubuh fisik dan sejumlah bagian spiritual yang berbeda (jumlahnya bervariasi dari waktu ke waktu seiring berkembangnya ide-ide ini). Dua bagian terpenting dari roh adalah Ka (diterjemahkan di sini sebagai "kekuatan hidup") dan Ba (identitas unik seseorang atau objek), yang menjadi terpisah dari tubuh pada saat kematian. Ka dilambangkan dengan dua lengan yang terangkat dan tidak bertubuh. Menurut kepercayaan Kerajaan Lama, Ka berpindah-pindah dunia tetapi kembali untuk beristirahat di tubuh yang diawetkan atau di patung yang dirancang sebagai tempat penyimpanan abadi untuk itu. Melalui pintu palsu makam Mesir, Ka melakukan perjalanan antara pemakaman bawah tanah dan serdab, pergi mengunjungi tempat dan orang lain, atau bisa melihat dunia dari patung Ka yang duduk, mendengar doa yang dipanjatkan untuk itu, dan mengkonsumsi esensinya. persembahan makanan dan minuman (baik nyata maupun representasional) yang ditinggalkan oleh pengunjung dan pendeta.
Ba, sering digambarkan sebagai burung dengan kepala manusia, juga bepergian dengan bebas tetapi kembali ke tubuh. Mungkin karena ba diyakini tidak dapat hidup dalam tubuh yang membusuk, orang Mesir mengembangkan mumifikasi untuk mengawetkan tubuh setelah kematian. Memang, tujuan utama mumifikasi, ritual penguburan, dan makam adalah untuk menyatukan kembali komponen seseorang untuk memastikan kehidupan akhirat yang sejahtera.
Melihat Koneksisitas
Seni Perdagangan dan Diplomasi di
Zaman Perunggu
Artefak upacara yang ditemukan di Makam Kerajaan di kota kuno Ur memberikan jendela ke dalam gagasan Mesopotamia kuno tentang kematian dan kehidupan setelah kematian. Mereka juga menunjukkan jangkauan perdagangan Mesopotamia selama Zaman Perunggu Awal (sekitar 3000-2000 SM). Salah satu contoh yang mencolok adalah Kambing dan Tanaman Berbunga (Gbr. atas; juga dikenal sebagai “Domba Domba di Belukar”). Patung itu adalah salah satu dari pasangan yang mungkin berfungsi sebagai alas meja yang rendah. Ini adalah karya gabungan yang menggambarkan seekor kambing jantan berdiri di atas kaki belakangnya melawan tanaman imajiner atau semak-semak mawar. Tubuh antropomorfis kambing terbuat dari emas, perak, dan lapis lazuli yang berharga, dan berdiri di atas alas berlapis perak dengan mosaik kotak-kotak dari batu kapur merah, lapis lazuli, dan cangkang. Bulu kambing terbuat dari cangkang, dan sarung untuk testis dan penisnya dilapisi emas. Bahan-bahan berharga ini datang dari jauh: lapis lazuli dari pegunungan Afghanistan; perak dan emas dari lembah sungai Anatolia barat; dan tembaga (paduan utama yang digunakan untuk membuat perunggu) dari pulau-pulau di Teluk Persia. Oleh karena itu, artefak tersebut menghubungkan Mesopotamia secara langsung dengan negeri-negeri jauh yang memasok sumber daya ini.
Pertukaran artistik dan diplomatik terungkap
selama Zaman Perunggu Akhir di Mediterania (sekitar 1600-1200 SM), di buktikan
dengan penggambaran orang asing yang membawa hadiah di area makam Mesir.
Lukisan dinding ini (Gbr. atas) menggambarkan delegasi orang asing yang
Surat dari Ashur-uballit, raja Asyur, kepada raja Mesir, ditulis dalam huruf paku di atas lempengan tanah liat, mungkin dari Akhetaten (Tell-el Amarna, Mesir)). Kerajaan Baru, Dinasti kedelapan belas, pemerintahan Akhenaten, kr. 1353-1336 SM. Tanah liat, 3 × 2¼ inci (7,6 × 5,7 cm). Museum Seni Metropolitan, New York.
Bagaimana para sarjana modern mengetahui bahwa budaya-budaya yang jauh ini berhubungan pada periode-periode awal sejarah? Keberadaan bahan asing, seperti terlihat pada Gambar Kambing dan Tanaman Berbunga, dan gambar yang menggambarkan hadiah anak sungai, seperti yang terlihat pada Gambar Lukisan dinding dengan utusan asing membawa hadiah , memberikan satu jenis bukti. Yang lain disimpan dalam teks, seperti lempengan tanah liat yang sekarang dikenal sebagai Surat Amarna (Gbr. atas). Ditulis pada masa pemerintahan penguasa Mesir Akhenaten (memerintah sekitar 1353–1336 SM), Surat Amarna membahas pertukaran hadiah di antara para penguasa. Mereka menyebut tidak hanya bahan baku yang bergengsi, seperti lapis lazuli dan gading, tetapi juga produk jadi yang mewah, seperti perhiasan dan kereta perang. Dalam surat yang diperlihatkan di sini, raja Asyur-uballit (memerintah 1365–1330 SM) menyatakan bahwa ia mengirim sebuah kereta yang indah, dua kuda, dan lapis lazuli sebagai hadiah ucapan untuk Akhenaten. Tablet-tablet ini tiba di istana Mesir dengan kurir asing yang membawa upeti atau hadiah, memperkuat hubungan antara Mesir dan sekutunya.
Diplomasi yang difasilitasi melalui benda-benda mewah menghadirkan gaya artistik yang memadukan berbagai gaya budaya dan ikonografi. Benda-benda ini memainkan peran dalam pertukaran diplomatik elit antara Mesir, Babilonia, dan Kekaisaran Het, dan negara-negara regional yang lebih kecil di Suriah, Lebanon, Palestina, dan Israel, dan Laut Aegea dari 1400 hingga 1200 SM. Periode ini diakui hari ini sebagai zaman internasionalisme yang hebat. Salah satu karya yang menunjukkan gaya internasional ini adalah belati dan sarung emas yang ditemukan tergantung di pinggang penguasa Mesir Tutankhamun, di bawah pembungkus mumi (Gbr. bawah). Adegan-adegan penyerangan hewan dan pola volute (dalam bentuk gulungan melingkar) yang sangat dekoratif pada sarungnya adalah tipikal karya yang menggunakan bahasa visual bersama untuk memfasilitasi pertukaran diplomatik. Sebuah daftar spiral berjalan, motif yang sering dalam seni Aegea, berjalan di sepanjang bagian bawah sarungnya, sedangkan cartouche khas Mesir (sebuah oval di mana nama kerajaan ditulis dalam hieroglif) dari Tutankhamun muncul tepat di bawah. Mengintegrasikan motif, simbol, dan gaya dari berbagai budaya Mediterania, belati dan sarungnya dirancang untuk menarik penonton elit.
Komentar
Posting Komentar