Seni Mesopotamia dan Asia Barat 5000–2000 SM

I. PENGANTAR

Budaya Asia Barat paling awal berkembang di wilayah yang kadang-kadang disebut Bulan Sabit Subur: daerah berbentuk busur yang membentang dari kaki Pegunungan Zagros melintasi Sungai Tigris dan Efrat, di sepanjang perbatasan antara Irak utara sekarang dan Suriah dan Turki tenggara, dan sampai ke pantai timur Laut Mediterania (lih Peta). Asia Barat juga disebut Timur Dekat di masa lalu. Kelimpahan akan gandum liar, barley, domba, dan kambing di Fertile Crescent membuatnya lokasi yang ideal untuk pertanian dan domestikasi hewan, dan kemajuan teknik pertanian dan irigasi memungkinkan orang untuk menetap di satu lokasi daripada mengikuti migrasi hewan liar yang musiman. Hidup dalam komunitas yang stabil memungkinkan orang untuk terlibat dalam kegiatan selain bertani. Mereka membangun rumah permanen di pemukiman kecil dan mulai berdagang dengan komunitas dan wilayah lain. 


Peta Mesopotamia dan Bulan Sabit Subur, 3300–2000 SM

Dataran aluvial Mesopotamia (Yunani artinya “diantara sungai”), wilayah antara Sungai Tigris dan Efrat, adalah perpanjangan daerah selatan dari Bulan Sabit Subur. Beberapa negara-kota dan kerajaan yang kuat dan berpengaruh berkembang di Mesopotamia antara Sungai Tigris dan Efrat kira-kira dari 5000 hingga 2900 SM. Mengikuti perkembangan kota yang pertama, perdagangan jarak jauh dan birokrasi negara yang kompleks juga berkembang di kawasan ini. Selama tiga ribu tahun sejarah ini, 5000-2000 SM, dua lembaga ekonomi perkotaan utama (kuil dan istana) dibentuk, menulis ditemukan, dan kelas elit perkotaan berkembang dengan berkontribusi pada garis keturunan pengerjaan yang sangat maju, serta seni dan cara-cara baru untuk menggunakan seni dalam mendukung kekuatan politik dan agama serta sistem kepercayaan telah muncul dan hadir. Spesialisasi juga muncul, seperti insinyur, arsitek, dan seniman, yang berkontribusi pada berkembangnya seni yang kompleks, inovatif, dan terampil secara teknis.

Stabilitas ini memungkinkan akumulasi surplus makanan dan kekayaan tidak hanya di kota-kota tetapi juga di tangan kelas elit. Sebagian besar seni monumental yang diproduksi di Asia Barat selama periode ini, disponsori oleh penguasa dan kuil, dirancang untuk menekankan kekuatan dan sistem kepercayaan negara-kota. Pengabdian kepada para dewa adalah yang terpenting dalam seni dari semua ukuran, dari patung nazar kecil hingga kompleks dari kuil yang besar. Karya-karya sederhana oleh perajin kuno di rumah tangga juga menarik bagi sejarah seni rupa, karena memberikan informasi penting tentang kehidupan orang-orang biasa. Objek-objek ini memungkinkan kita untuk mempelajari budaya material dari komunitas yang berbeda, teknologi produksi mereka, identitas mereka, dan sistem kepercayaan mereka. Gambar-gambar yang muncul di monumen publik dan objek pribadi juga mencerminkan pergeseran persepsi penguasa. Pergeseran ini muncul secara dramatis ketika Kekaisaran Akkadia —kekaisaran pertama di dunia— naik ke tampuk kekuasaan, menggulingkan negara-negara berbahasa Sumeria yang mendahuluinya. Inovasi-inovasi selama ini telah membuat banyak sarjana modern dan kontemporer melihat pencapaian Mesopotamia sebagai titik balik dalam perkembangan panjang sejarah manusia. Oleh karena itu, budaya Mesopotamia dan Asia Barat yang lebih luas sering dianggap sebagai nenek moyang masyarakat Mediterania dan Eropa di kemudian dalam narasi sejarah yang lebih luas. 


II. BUDAYA DAERAH DI MESOPOTAMIA AWAL

Beberapa komunitas pertanian berkembang di Mesopotamia selama milenium ke-6 dan ke-5 SM. Sementara komunitas-komunitas ini berbagi elemen budaya dan bahasa, mereka juga mengembangkan identitas regional yang berbeda, yang diekspresikan melalui seni dan budaya material mereka. Benda yang paling umum adalah pot keramik, yang menyimpan makanan yang digunakan orang sehari-hari. Pot-pot ini tidak hanya memberikan informasi penting tentang identitas, kehidupan sehari-hari, dan sistem kepercayaan orang-orang yang hidup selama periode ini, tetapi juga bukti kreativitas dan daya cipta mereka. Orang-orang dari komunitas ini membangun rumah mereka dari batu bata yang dibentuk dari lumpur dan dijemur di bawah sinar matahari. Karena batu bata yang dikeringkan dengan sinar matahari cepat rusak jika tidak dirawat, rumah-rumah tersebut haus seiring waktu oleh hujan dan angin, menciptakan gundukan (disebut tell atau hoyuk di Timur Tengah saat ini). Rumah-rumah baru kemudian dibangun di atas reruntuhan rumah-rumah sebelumnya. Rumah-rumah ini seringkali merupakan struktur kompleks untuk keluarga besar, dengan ruang khusus untuk keramah-tamahan, produksi dan penyimpanan makanan, produksi tembikar, dan tenun.

Secara umum, keramik Mesopotamia dari milenium ke-6 SM dibentuk dengan tangan, bukan dengan roda. Beberapa pembuat tembikar pada masa itu membuat wadah besar dengan menggunakan teknik melingkar di mana mereka menumpuk gulungan tanah liat satu di atas yang lain untuk membangun bentuk, dan kemudian menghaluskan permukaannya. Tembikar dari budaya Ubaid di kemudian, masyarakat yang tinggal di dataran selatan subur Sungai Tigris dan Efrat antara sekitar 5500 dan 3800 SM, memperkenalkan inovasi dalam teknologi keramik: tournette, sebagai bentuk dari awal roda tembikar yang mempercepat produksi dengan memungkinkan keramik menjadi lebih mudah dibentuk.


BEAKER UBAID
Keramik awal sering dihiasi dengan lukisan binatang, arsitektur, dan elemen lanskap. Seniman sering kali memanjangkan, membesar-besarkan, atau memperhalus bentuknya, dan desain ini seringkali menciptakan bentuk yang sedikit abstrak. Lihat, misalnya, hiasan yang dibuat dengan hati-hati pada gelas kimia bermulut lebar yang ditemukan di Susa, sebuah wilayah di Iran barat yang bersentuhan dengan budaya Ubaid (lih gbr). Dekorasi dicat cokelat, diterapkan pada permukaan kapal yang sangat terang dan berwarna mengkilap, terdiri dari desain yang membingkai representasi hewan yang diabstraksi secara geometris, termasuk burung air dengan leher panjang, anjing berlari, dan ibex (Kambing liar). Tanduk ibex —sejenis kambing gunung— dibesar-besarkan hingga melengkung di sekitar desain lingkaran abstrak di tengahnya, dan ujungnya tepat di bagian paling ramping dari pinggang kambing. Anjing-anjing memanjang, yang digambarkan di atas bingkai, jelas berlari.

Gelas paling kiri dengan hiasan binatang, Susa, Iran, 4200–3800 SM. Keramik dicat, tinggi 11⅜ inci (28,9 cm), diameter 6½ inci (16,5 cm). Musée du Louvre, Paris.


III. URBANISASI PADA ZAMAN URUK, SEKITAR 3800–3100 SM

Kota-kota Asia Barat pertama kali muncul di dataran kaya lumpur di Mesopotamia selatan, di daerah yang membentang kira-kira dari Bagdad saat ini hingga Teluk Persia. Selama periode Uruk (sekitar 3800–3100 SM), komunitas kecil yang dulu tersebar secara bertahap berkumpul di sekitar serangkaian pusat ekonomi, upacara, dan ritual, membentuk dua kota paling awal yang diketahui, keduanya di Irak modern: Uruk (di situs Warka modern) dan Nippur. Makanan untuk penduduk kota-kota ini diproduksi di ladang dan pertanian yang berdampingan, yang membebaskan beberapa komunitas untuk mengkhususkan diri dalam kerajinan tangan, untuk bekerja dalam kapasitas administratif untuk kuil dan kelas elit, serta terlibat dalam perdagangan dan merkantilisme[1].

Budaya material Uruk menceritakan kisah awal perkembangan kota. Misalnya, keramik yang sangat terspesialisasi dan didekorasi secara individual dari budaya sebelumnya digantikan oleh peralatan kasar utilitarian yang diproduksi secara massal yang dikenal sebagai mangkuk pelek miring, menunjukkan bahwa produksi harus mengikuti lonjakan populasi yang signifikan. Pada akhir milenium ke-4 SM (beberapa abad terakhir sebelum 3000 SM), Uruk wilayahnya mencakup lebih dari tiga perempat mil persegi, dan tembok kota yang legendaris pun dibangun. Penguasa dan tembok Uruk disebutkan dalam puisi epik Mesopotamia di kemudian, seperti Epik Gilgamesh, yang merayakan prestasi Gilgamesh, raja legendaris Uruk.

Baik penemuan tulisan maupun seni monumental pertama pada periode ini muncul di kuil, ruang praktik keagamaan dan upacara. Di kota Mesopotamia awal, kuil adalah institusi perkotaan pertama. Didedikasikan untuk dewa perempuan dan laki-laki, kuil-kuil menampung ritual harian, pemujaan banyak dewa, dan sesekali festival. Para dewa diyakini berdiam di atas ketinggian gunung atau jauh di dunia bawah, tetapi mereka juga tinggal di kuil-kuil yang dibuat orang untuk mereka, dan dengan demikian berfungsi sebagai pelindung kota-kota itu. Para pendeta kuil dan pendeta wanita memastikan bahwa ritual harian dipertahankan dengan pengorbanan dan persembahan yang sesuai sehingga para dewa senang yang dianggap untuk menjaga ketertiban kota. Peran dalam menenangkan para dewa ini memberikan kekuatan yang sangat besar pada kuil, sehingga mereka lebih dari sekadar tempat keagamaan: mereka mengorganisir produksi pertanian, memiliki kawanan yang besar, dan mempekerjakan pengrajin dan pedagang. Karena kekuatan ekonominya, kuil juga menjadikan tempat politik dan sponsor kerajaan. Uruk memiliki dua institusi perkotaan seperti itu: Kullaba (Candi Daerah Anu) dan Eanna (Kuil Daerah Innana). Mereka didedikasikan untuk ke dua dewa yang utama bagi kota pada saat itu: Anu, dewa surga, dan Inanna, dewi kemakmuran pertanian, kelimpahan, dan seksualitas.

Perkembangan menulis di Mesopotamia selatan bertepatan dengan munculnya kota-kota, dan karena itu merupakan bagian tak terpisahkan dari waktu yang sangat inovatif. Karena teks paling awal yang kita miliki dari Uruk adalah daftar komoditas, para arkeolog dan sejarawan telah menunjukkan peran ekonomi dalam menulis terutama sebagai teknologi pertukaran. Perdagangan jarak jauh seperti itu sangat penting bagi ekonomi dan organisasi sosial di kota-kota awal ini, karena wilayah tersebut kekurangan beberapa sumber daya alam yang paling penting, seperti batu bangunan atau kayu yang berkualitas untuk konstruksi bangunan, batu mulia untuk segel, perhiasan, atau patung, atau logam apa pun untuk perkakas dan persenjataan. Kira-kira enam ribu benda yang bentuknya seperti tablet tergali dari Eanna Precinct di Uruk, yang menunjukkan penemuan bahwa tulisan diadopsi secara luas di Mesopotamia (lihat: Membuatnya Nyata: Menulis di Mesopotamia).

Kuil Anu (Kuil Putih) di Uruk (Warka, Irak), sekitar 3300 SM. Proposal rekonstruksi, 2012. Candi bercat putih, dengan relung, perkiraan luas 57½ × 73 kaki (17,53 × 22,25 m).

KUIL ANU DI URUK
Sekitar 3300 SM, Kuil Anu (lih gbr) di kawasan Kullaba dibangun di atas platform tanah yang tinggi, memungkinkan kuil itu menjulang tinggi di atas pusat kota Uruk, dan secara mengesankan, terlihat bermil-mil. Platform ini dibangun di atas tingkat konstruksi candi sebelumnya dan didekorasi dengan rumit serta relung di sekelilingnya. Ini mengisyaratkan contoh awal zig gurat, sejenis candi yang dibangun pada periode arsitektur Mesopotamia selanjutnya (lihat Gambar atas).

Dibangun dari batu bata lumpur, dinding luar Kuil Anu diplester dengan gipsum putih, memberinya nama modern: Kuil Putih. Itu memiliki bagian terluar eksteriornya atau fasad yang sangat panjang, sehingga menciptakan cahaya dan bayangan bergantian di bawah sinar matahari yang intens di Irak selatan, serta permukaan rongga di ruang pusat ritualnya. Bangunan itu terdiri dari ruang upacara di tengah yang lonjong dengan kamar-kamar yang lebih kecil di kedua sisinya. Dengan mengadaptasi desain rumah dari rumah tangga tiga kamar untuk tempat tinggal para Dewa dan Dewi, para pembangun Kuil Anu membuat monumen desain rumah dengan mengangkatnya ke alam dewa.


KAWASAN KUIL EANNA
Arsitektur kelompok bangunan di kawasan Eanna (“Rumah Surga”) bahkan lebih kompleks dan luas daripada Kuil Anu di kawasan Kullaba. Bangunan yang tumpang tindih pada rancangan situs arsitektur (lih gbr) menunjukkan bahwa kawasan Eanna menjalani serangkaian proyek konstruksi dalam beberapa abad terakhir milenium ke-4 SM (kira-kira 3300–3000 SM).

Rencana kompleks Eanna di Uruk (Warka, Irak), periode Uruk akhir, 3500–3100 SM.

Kawasan itu terdiri dari beberapa bangunan, termasuk kuil yang didedikasikan untuk Dewi Inanna, gudang, dan gedung administrasi. Banyak bangunan berbagi desain fasad yang sangat khusus dari Kuil Anu. Gedung Riemchen, sebuah bangunan persegi panjang yang digali diKompleks Eanna, menghasilkan harta karun artefak yang sangat kaya, mungkin didedikasikan untuk kuil Inanna. Kuil Batu Kapur (lih gbr atas) adalah struktur besar, berukuran 250 × 98 kaki (76,2 × 29,87 m) —lebih besar dari parthenon di Athena (lihat Gambar 14.3), yang belum dibangun sampai lebih dari 2.500 bertahun-tahun kemudian. Pondasinya dibangun dari balok batu kapur yang dipotong halus, dan diangkut dari jarak yang cukup jauh dan diletakkan dalam barisan atau jalur yang tepat, dikenal dengan teknik ashlar. Kemudian teknik ashlar ini kemudian ditinggalkan, mungkin karena dataran Mesopotamia selatan tidak memiliki cukup batu untuk membangun banyak struktur seperti itu, membuat teknik ini tidak berkelanjutan dalam jangka panjang. Namun demikian, periode desain inovatif ini penting karena mempertanyakan tradisi lama dan mencari bentuk dan metode baru.


MOSAIK KERUCUT
Inovasi lain di kawasan Eanna adalah penggunaan mosaik kerucut untuk menggabungkan dan menghias dinding bata lumpur (lih gbr). Bagian potongan berbentuk kerucut dengan bentuk runcing seperti pasak dibuat dari terakota atau diukir dari batu. Kerucut tersebut kemudian dilekatkan ke dalam plester untuk membuat penutup permukaan untuk dinding dan kolom. Ini digunakan untuk melindungi bata lumpur dari dampak fisik dari hujan, angin, dan eksploitasi oleh manusia, sehingga memberikan umur yang lebih panjang. Selain itu, bagian atas yang dicat atau warna alami kerucut ini (biasanya merah dan hitam) memungkinkan seniman untuk membuat dekorasi permukaan seperti mosaik, membawa semangat yang menyenangkan pada arsitekturnya. Desainnya, biasanya geometris, mungkin meniru pola yang ditemukan pada tikar buluh dan tekstil yang digunakan di rumah-rumah. Sementara mosaik kerucut adalah desain inovatif yang penting dalam teknologi arsitektur di Mesopotamia selatan pada periode Uruk, namun kemudian ditinggalkan —menjadi bukti bahwa tidak semua teknologi atau bentuk seni yang baru ditemukan dapat dimasukkan ke dalam tradisi jangka panjang.

Mosaik kerucut di Uruk, (Warka, Irak), periode Uruk akhir, 3300–3100 SM. Digali di kompleks Eanna. Museum Pergamon, Berlin.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
MEMBUATNYA MENJADI NYATA • MENULIS DI MASA MESOPOTAMIA

Mesopotamia menggunakan stylus buluh dengan ujung segitiga untuk menuliskan atau mengesankan simbol ke dalam gundukan tanah liat lembab (lih gbr). Bentuk tulisan ini disebut cuneiform, yang dalam bahasa Latin berarti “berbentuk baji”. Setelah ditorehkan, semacam tablet dikeringkan di bawah sinar matahari atau—jika sangat penting—dibakar dalam tungku. Mereka mungkin adalah dokumen tertulis paling tahan lama yang pernah dibuat.

Menggunakan stylus untuk membuat prasasti runcing di tanah liat basah.

Tulisan kuno tidak ditemukan dalam semalam. Karena jauh sebelum tablet, pedagang dan administrator Mesopotamia justru menggunakan gumpalan kecil tanah liat, yang dikenal sebagai token, yang mereka ukir dengan tanda untuk mencatat nilai numerik sebagai komoditas tertentu untuk dijual atau ditransfer. Mereka kemudian menyimpan token di dalam bola tanah liat berongga dan menyegelnya dengan menggulung silinder kecil di tanah liat, membuat Kesan (lihat gbr) untuk mencegah gangguan. Kesan pada stempel berfungsi sebagai tanda tangan kantor administrasi atau individu. Bola tanah liat berongga yang disegel, diisi dengan token, berfungsi sebagai catatan ekonomi yang stabil dan transaksi yang terperinci.

Tablet awal atas dari Uruk, dari daerah Eanna. Tablet paling kiri: 4 × 3⅛ × 2 inci (9,9 × 7,8 × 5 cm). Museum Vorderasiatisches, Berlin.

Tablet paling awal dari Uruk menggunakan sistem yang kompleks yang terdiri dari sekitar sembilan ratus tanda (lihat gambar). Tanda-tanda ini termasuk angka atau unit pengukuran, dan piktogram atau logogram (tanda yang mewakili dan mewakili keseluruhan kata atau frasa). Piktogram sangat menarik dari elemen representasional yang ditemukan pada segel dan media lainnya. Oleh karena itu, pada awal perkembangannya, tulisan pada dasarnya berasal dari gambar.

Misalnya, seperti yang ditunjukkan pada bagan (lih gbr), ketika bahasa Sumeria kuno di Mesopotamia selatan pertama kali ditulis, gambar kepala manusia mewakili kata "kepala" (sag Sumeria), sementara gambar mangkuk berdiri untuk "jatah" (Ninda Sumeria). Saat menulis menjadi lebih luas dan kompleks, piktogram secara bertahap diubah menjadi glyph yang abstrak, yang lebih mudah ditulis dengan stylus. Glyph adalah representasi konvensional yang secara konsisten mewakili kata, suku kata, atau suara. Dalam sistem penulisan cuneiform yang paling berkembang, beberapa glyph berarti kata atau frasa lengkap, sementara yang lain berarti suku kata. Artinya, yang terakhir adalah tanda-tanda fonetik, atau berbasis suara.


Perkembangan huruf kuno untuk "kepala" dan "distribusi" dari piktogram paling awal dari periode Uruk akhir hingga glif Neo-Babilonia pada c. 600 SM.

Selama berabad-abad, banyak bahasa berbeda di Asia Barat menggunakan aksara paku. Teks Mesopotamia ditulis dalam bahasa Sumeria, dan kemudian Akkadia, Het, dan Hurrian.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


VAS URUK
Berfungsi sebagai pusat kegiatan ekonomi perkotaan, kuil dan Dewa-dewinya dalam menghasilkan dan menerima makanan dan ternak, benda-benda seni rupa, dan monumen publik pertama dengan citra politik di Asia Barat. Para arkeolog yang bekerja di kawasan candi Uruk telah menemukan gudang yang penuh tidak hanya artefak berharga kecil tetapi juga monumen besar. Vas pualam berukir ini (Gbr. 3.8), setinggi lebih dari 3 kaki, ditemukan di gudang di daerah Eanna. Vas itu tampaknya telah rusak dan diperbaiki pada zaman kuno, menunjukkan signifikansinya dan umur panjangnya di kuil. Kerusakan lebih lanjut ketika dijarah dari Museum Irak pada tahun 2003 selama invasi AS, tetapi dikembalikan dan diperbaiki beberapa bulan kemudian.

Vas di Uruk, diukir dengan representasi relief rendah di register, sekitar 3200 SM. Alabaster, tinggi 41⅜ inci (105,1 cm). Museum Irak, Bagdad

Vas adalah salah satu contoh paling awal dari narasi bergambar, yang mewakili inovasi radikal dalam seni Mesopotamia, menuju penceritaan dalam gambar. Ukiran pada permukaan vas dibagi menjadi beberapa register horizontal (lih gbr). Dalam daftar paling bawah, terdapat garis bergelombang mendefinisikan dasar komposisi sebagai air, di atasnya deretan tanaman rami dan pohon kurma, meskipun identifikasi dari tanaman ini masih diperdebatkan. Tepat di atas vegetasi, domba jantan dan domba betina bergantian berjalan ke kanan. Baris ke-tiga tingkat ini menunjukkan ekologi air, tumbuhan, dan hewan yang teratur, kemungkinan besar terkait dengan pemujaan Inanna di seluruh lanskap selatan Uruk awal. Bagian tengah vas menggambarkan deretan laki-laki telanjang dan dicukur bersih dengan alat kelamin yang jelas. Para lelaki bergerak ke kiri, membawa bahan makanan dalam keranjang dan bejana, mungkin representasi visual dari ritual persembahan makanan dan minuman kepada para Dewa dan Dewi yang dilakukan di kuil ini dan kuil lainnya.

Relief ukiran pada Vas Uruk (gambar rekonstruksi)

Arah gerakan bergantian pada vas dari kiri dan kanan menghubungkan tubuh yang bergerak di register terpisah menjadi satu prosesi tunggal yang memuncak di register teratas dengan persembahan sesajen kepada sosok wanita, kemungkinan besar pendeta kuil, yang memakai jubah, jubahnya panjang dengan hiasan kepala. Sosok yang tampaknya mengawasi upacara yang sayangnya tidak dilestarikan karena perbaikan-perbaikan yang masih kuno, tetapi banyak sarjana percaya bahwa dia adalah seorang raja atau yang serupa dengan orang penting. Tepat di depan tempatnya berdiri, sesosok pria telanjang memberikan persembahan kepada pendeta. Di belakangnya berdiri sepasang tiang alang-alang, yang merupakan simbol Inanna. Di belakang tiang, kompleks candi diwakili oleh berbagai persembahan, termasuk binatang yang ditampilkan dalam prosesi di bawah dan vas pualam yang mirip dengan Vas Uruk itu sendiri.


PRASASTI BERBURU SINGA
Kompleks perkotaan Uruk tampaknya tidak memiliki jenis bangunan yang bisa disebut istana —bangunan tempat tinggal dan administrasi yang berhubungan dengan raja. Namun, gambar pria berjanggut yang mengenakan rok memang muncul dalam ukiran dan benda, dan para sarjana percaya bahwa sosok ini mewakili individu dengan kekuatan agama dan duniawi. Dalam studi arkeologi Uruk, sosok ini disebut raja-pendeta (kemudian dikenal sebagai En dalam teks-teks Sumeria) karena ia sering digambarkan sebagai individu yang mendominasi terkait dengan tindakan yang berkaitan dengan pemujaan Inanna. Prasasti Perburuan Singa (lih gbr), sebuah batu basal berukir berbentuk kasar yang ditemukan di kawasan Eanna, mencakup representasi pahatan dari sosok manusia yang khas yang sedang berburu singa. Dia muncul dua kali dalam adegan, pada dua skala yang berbeda: pertama dengan tombaknya (atas) dan kemudian dengan busur dan anak panahnya (bawah). Dia memakai rok panjang dan memiliki janggut panjang dan gaya rambut dan hiasan kepala seperti sanggul. Bentuk bongkahan batu yang tidak rata dan alami serta gambar-gambar yang mengambang di permukaan yang halus menunjukkan bahwa prasasti ini adalah contoh awal dari monumen publik, media untuk ekspresi ideologi negara di Mesopotamia. 

Prasasti Perburuan Singa dari Uruk, (Warka, Irak), daerah Eanna, 3200 SM. Basal, tinggi 31½ inci (80 cm). Museum Irak, Bagdad.

SEGEL SILINDER
Pendeta-raja juga banyak digambarkan pada segel Uruk, termasuk segel silinder yang ditemukan di daerah Eanna, diilustrasikan dengan kesan modern (lih gbr). Stempel berfungsi sebagai alat birokrasi untuk mengatur perdagangan dan pertukaran. Dengan menggunakan alat logam, pengrajin mengukir desain yang khas, dan itu biasanya adalah sosok figur, dan menjadi batu mulia yang keras. Jika ditempelkan pada tanah liat yang basah, maka cap-cap tersebut meninggalkan cetakan yang berfungsi sebagai tanda tangan seorang pedagang, pejabat, atau orang penting lainnya. Pintu gudang, bejana berisi bahan makanan, dan bahkan amplop tanah liat untuk surat atau kontrak disegel dengan cara ini. Segel silinder adalah inovasi dari periode Uruk. Malahan permukaannya yang datar, yang desainnya diukir di atas batu bundar, tentunya dapat digulingkan di tanah liat basah. Oleh karena desainnya yang bulat itu, cetakan pun dapat digulung untuk bagian yang lebih panjang, menciptakan satu gambar yang berkesinambungan.

Segel silinder dan kesan (modern) dari Uruk, (Warka, Irak), 3300–3100 SM. Marmer, tinggi 2 inci (5,1 cm). Museum Vorderasiatisches, Berlin.

Banyak segel silinder diukir dari batu semi-mulia yang diimpor, seperti batu akik, hematit, atau lapis lazuli—yang merupakan salah satu batu mulia yang paling banyak digunakan pada benda-benda prestisius awal Mesopotamia. Lapis lazuli ditambang di Pegunungan Badakhshan Afghanistan, menunjukkan keterlibatan Mesopotamia dalam perdagangan jarak jauh. Batu-batu ini diyakini memiliki makna simbolis, dengan adanya tambahan lapisan ekstra penting pada segel. Segel yang ditunjukkan di sini diukir dari marmer. Cetakan yang muncul merupakan adegan di batu dengan hewan, tiang, dan sosok laki-laki. Pria itu tampaknya adalah pendeta-raja Uruk yang sama yang terlihat di Prasasti Perburuan Singa (lih gbr). Sosok serupa ditemukan pada pisau yang diukir di Mesir, yang dikenal sebagai pisau Gebel el-Arak. Ikonografi bersama ini dan penemuan segel silinder di Mesir yang jelas dibuat di Mesopotamia menunjukkan adanya kontak langsung atau tidak langsung antara budaya kuno ini bahkan pada awal tanggal ini.


IV. PERIODE DINASTI AWAL, 2950–2350 SM

Dalam apa yang sekarang disebut periode Dinasti Awal di Mesopotamia Selatan (2950–2350 SM), beberapa kota makmur, dengan elit perkotaan baru, muncul. Kota Khafajah, Eshnunna, dan Ur adalah ibu kota kerajaan-kerajaan regional yang relatif kecil yang menguasai wilayah pertanian dan penggembalaan serta jaringan irigasi mereka. Komunitas perkotaan otonom ini bergantung pada produksi pertanian dan peternakan, dan mereka melanjutkan perdagangan jarak jauh dengan Anatolia, Teluk Persia, dan sekitarnya. Mereka juga berbagi kepercayaan dan praktik keagamaan yang melibatkan penyembahan dewa-dewa Mesopotamia dan perayaan festival mereka. Artefak yang ditemukan di kuburan menunjukkan peningkatan bahan berharga dan barang prestis, menunjukkan pertumbuhan di kelas elit perkotaan. Perubahan struktur sosial ini, dan sentralisasi kekuasaan dan kekayaan yang berkembang, menciptakan kondisi untuk proyek arsitektur yang besar, serta perubahan luar biasa dalam seni visual dan praktik pemakaman di bawah sponsor lembaga kuil dan kelas elit baru.


TOKOH (PATUNG) NAZAR
Selama periode Dinasti Awal, kuil tetap menjadi institusi perkotaan yang paling penting, individu dan keluarga terus memberikan persembahan kepada dewa yang diabadikan di dalamnya. Hadiah seperti itu sering berbentuk plakat batu berukir, benda logam, dan patung Nazar. Ditempatkan di ruang kultus di mana ritual diadakan, patung Nazar memungkinkan sumbangan mereka untuk berada di hadapan yang ilahi. Sebagai imbalan atas hadiah ini, para pendonor sumbangan mengharapkan dewa atau dewi untuk melindungi mereka dari bahaya dan membawa mereka keberuntungan.

Tokoh Nazar dari Kuil Abu, Eshnunna (Tell Asmar, Irak), 2750–2600 SM. Gypsum, batu kapur, dan pualam dengan mata bertatahkan cangkang, batu kapur hitam, dan lapis lazuli, tinggi figur terbesar 29⅞ inci (75,9 cm). Museum Institut Oriental, Universitas Chicago.

Harta karun yang luar biasa berupa patung nazar berasal dari Kuil Abu di Eshnunna (sekarang Tell Asmar, Irak). Mereka digali di ruang pemujaan, di mana mereka telah dikuburkan di zaman kuno di bawah lantai di belakang altar. Patung-patung itu diukir dari gipsum —batu lunak— pada berbagai skala, menggunakan bentuk formalinya yang abstrak: beberapa tubuh memiliki bentuk kerucut, kaki silinder, dan bagian persegi (lih gbr). Kaki-kakinya, yang banyak dibentuk untuk dilihat hanya dari depan, berfungsi sebagai pilar yang menopang seluruh tubuh. Setiap patung memiliki alas persegi panjang untuk menjaga agar patung tetap tegak.

Sebagian besar menganggap Dewa Nazar adalah seorang laki-laki memiliki janggut dan rambut panjang, dengan detail yang rumit dengan pola seperti gelombang horizontal, sedangkan sebagian besar perempuan memiliki rambut dikepang. Sebagian besar figur mengenakan rok yang diakhiri dengan deretan jumbai, sementara beberapa mengenakan rok kulit domba seremonial yang diukir halus di gipsum. Beberapa wanita memiliki satu bahu terbuka. Semua nazar memiliki dua ciri khas. Pertama, tangan mereka dirapatkan di dada dalam pose pemujaan, siap untuk memegang cangkir persembahan cairan ritual mereka. Kedua, mereka memiliki mata dengan hiasan yang besar yang terbuat dari bahan yang cerah: seperti dari cangkang untuk kornea dan batu kapur hitam atau lapis lazuli untuk mata. Sehingga tatapan mata para Nazar memberi tatapan yang intens, tertuju pada gambar Dewa di kuil. Tidak diketahuinya status sosial individu yang diwakilinya, namun karena patung-patung itu tidak bertulisan, maka patung-patung tersebut dianggap kalau mereka bukanlah seorang raja. Bentuk patung Nazar ini dipinjam oleh raja-raja Mesopotamia yang kemudian memiliki patung serupa yang diukir dari batu yang lebih berharga dan tahan lama, seperti batu diorit.


MAKAM KERAJAAN UR
Salah satu kota paling menonjol pada akhir milenium ke-3 SM (beberapa abad terakhir sebelum 2000 SM) adalah Ur, terdapat situs modern Tell el-Muqayyar di Irak selatan, merupakan komplek dari tempat perlindungan yang sangat penting yang didedikasikan untuk dewa bulan, Nanna. Makam kerajaan yang digali di Ur oleh para arkeolog antara tahun 1922 dan 1934 menunjukkan bukti kekuasaan elit, perdagangan jarak jauh, dan produksi artistik.

Saat menggali di sudut barat daya kuil Nanna, para arkeolog menemukan dan menggali hampir dua ribu kuburan di tanah pemakaman besar dan sangat dalam yang berasal dari jauh sebelum pembangunan kompleks kuil Ur Namma, dan, berdasarkan arsitektur temuan dan barang yang terkubur dengan almarhum, mereka mengidentifikasi enam belas makam kerajaan. Dalam beberapa kasus, termasuk makam Ratu Puabi (Makam 800), rombongan dari individu-individu dimakamkan secara ritual dengan individu yang elit. Hingga tujuh puluh lima orang dimakamkan secara bersamaan, mengenakan pakaian ritual dan memegang alat musik atau benda-benda upacara lainnya. Semua anggota rombongan memegang cangkir kecil yang mungkin digunakan mereka untuk minum racun pada puncak upacara, dan beberapa tengkorak menunjukkan bukti bahwa mereka mati karena pukulan di kepala, menunjukkan sebagai bentuk pengorbanan manusia. Kekayaan artefak di dalam makam kerajaan memberikan jendela langka ke kehidupan perkotaan di milenium ke-3 SM, dan menunjukkan kompleksitas teknologi produksi, keterampilan artistik, dan tingkat perdagangan jarak jauh di Mesopotamia pada saat itu.


STANDAR KERAJAAN UR
Salah satu temuan paling menarik di tanah pemakaman adalah Royal Standard of Ur, yang ditemukan di makam seorang pria. Royal Standard adalah kotak trapesium dari kayu berongga, dengan ke-empat sisinya dihiasi dengan pemandangan mosaik bertatahkan cangkang yang terbuat dari batu kapur merah, dan lapis lazuli, dan dipasang di bitumen (campuran kental hitam alami yang berfungsi sebagai semacam lem atau pengikat). Leonard Woolley, seorang arkeolog Inggris yang melakukan penggalian di Ur, menyebut objek misterius ini sebagai standar (panji upacara) karena dia berasumsi bahwa benda itu akan ditinggikan di atas sebuah tiang dan mungkin digunakan dalam pemakaman atau prosesi ritual lainnya, mirip dengan standar yang digambarkan pada palet Narmer dari Mesir (lihat gambar). Para sarjana sekarang skeptis terhadap interpretasi Woolley tersebut, tetapi teori lain tentang penggunaan asli objek tersebut belum dapat dibuktikan.

Apapun fungsinya, sebagai sebuah standar telah memberikan contoh awal dari narasi bergambar di mana konflik politik, perang, dan pesta terkait dalam hubungan sebab-akibat. Masing-masing dari dua wajah utamanya menggambarkan episode yang berbeda dalam sebuah narasi yang dibagi menjadi tiga catatan horizontal, dengan adegan penutup di catatan teratas. Di satu sisi atau bagian menggambarkan pertempuran dan penangkapan tawanan perang berikutnya, yang kemudian diberikan kepada seseorang yang berstatus tinggi (lih gbr A). Di catatan terbawah, tampak kereta, masing-masing ditarik oleh empat onager (spesies keledai atau kuda liar), menginjak-injak tubuh musuh yang telanjang yang dikalahkan. Adegan berkelanjutan di catatan tengah dengan sekelompok tentara bersenjata mengambil tahanan musuh mereka yang telanjang. Di catatan teratas, para tawanan disajikan kepada penguasa yang ditempatkan di tengah. Penggunaan skala hierarkis menggambarkan dia sedikit lebih tinggi dari yang lainnya, dan posisinya yang sangat dominan dalam adegan menunjukkan statusnya sebagai pemimpin. Pendampingnya adalah abdi dalem yang memegang instrumen. Kereta di paling kiri mungkin disediakan untuk penguasa.

 
Gambar A dan B Royal Standard of Ur, sisi pesta.

Standar sisi atau bagian utama lainnya juga menggambarkan orang-orang yang bergerak melintasi tiga register. Di bagian atas, narasi melibatkan perayaan dalam bentuk jamuan makan (lih gbr. B). Satu sosok, sedikit lebih besar dari yang lain, mendominasi pemandangan. Dia duduk, memegang cangkir dan mengenakan rok berkerut seremonial yang umum dalam representasi orang-orang elit dalam seni Mesopotamia awal. Dia menghadap ke para perjamuan lain, yang dihibur oleh apa yang tampak seperti pemain kecapi dan penyanyi di paling kanan. Dua register bawah menggambarkan prosesi panjang orang yang membawa hewan dan berbagai barang, mungkin sebagai penghormatan kepada penguasa mereka. Menariknya, bagian depan kecapi dihiasi dengan kepala banteng yang mirip dengan kecapi dari Ur (lih gbr di bawah).


KECAPI (ALAT MUSIK) BESAR UR
Temuan spektakuler lainnya dari Makam Kerajaan Ur adalah Kecapi Besar (lih gbr), ditemukan di dalam makam raja (Makam 789) yang dijarah pada zaman kuno. Kecapi pastilah alat musik populer untuk upacara pemakaman di Ur, karena sebagai isi Makam Kerajaan beberapa di antaranya. Kayu inti dari kotak suara dari sebelas senar kecapi telah hancur, tetapi bagian depan kecapi yang ditata dan dibangun dengan hati-hati tetap dipertahankan. Ditemukan bersebelahan dengan mayat wanita berpakaian rumit yang mengambil bagian dalam upacara pemakaman.

Kecapi Besar dengan kepala banteng berjanggut, dari Makam 789, Makam Kerajaan Ur (Tell el-Muqayyar, Irak), periode Dinasti Awal IIIA, 2550–2400 SM. Kayu, emas, perak, lapis lazuli, cangkang, dan bitumen, panjang 15¾ in. (40 cm), lebar 9⅞ in. (25 cm), kedalaman 7½ in. (19 cm). Museum Arkeologi dan Antropologi Universitas Pennsylvania, Philadelphia.

Bagian depan kecapi bertahtakan alas dan di atasnya terdapat kepala banteng berjanggut yang dilapisi emas. Di bawah kepala banteng, empat daftar adegan naratif bertatahkan cangkang di atas (seperti) aspal. Adegan-adegan ini menggambarkan hewan yang terlibat dalam kegiatan yang biasa berhubungan dengan manusia, seperti menyembelih daging, membawa dan menuangkan cairan dari bejana, dan memainkan alat musik. Di adegan teratas, seorang tokoh yang telanjang menggunakan lengannya untuk mengendalikan dua banteng berkepala manusia yang menatap penonton. Secara bersama-sama, adegan-adegan tersebut tampaknya menyajikan upacara pemakaman atau kehidupan setelah kematian di dunia bawah, tetapi dengan hewan yang mengambil peran manusia.


PRASASTI EANNATUM
Ketika kekuatan negara-kota pada periode Dinasti Awal tumbuh dan orang-orangnya berinteraksi melalui perdagangan dan melalui konflik atas air dan tanah, monumen publik digunakan sebagai pernyataan tertulis dan visual tentang kekuasaan dan situs politik. Monumen publik memperingati peristiwa atau orang tertentu sambil juga mendefinisikan dan membentuk ruang kota melalui kekuatan visual dan arsitekturnya. Salah satu contoh paling awal dari monumen publik yang menggabungkan kekuatan prasasti dengan kekuatan narasi visual adalah Prasasti Eannatum dari kerajaan Lagash, di Irak modern (lih gbr). Monumen batu kapur ini, tertanggal 2460 SM, adalah prasasti bundar yang mengesankan setinggi hampir 6 kaki. Diawetkan hanya dalam beberapa fragmen, itu terutama sebuah monumen kemenangan yang didirikan oleh negara-kota Lagash, yang mengalahkan negara-kota Umma di sengketa wilayah pertanian yang suci bagi dewa Ningirsu, dewa badai dan dewa pelindung Lagash. Tugu merupakan kontrak hukum yang menyelesaikan sengketa tanah dan meresmikan perjanjian dengan menandai batas yang disepakati.

Prasasti Eannatum (gambar rekonstruksi), dari Girsu (Tello, Irak), sekitar 2460 SM. Bagian putih adalah gambar dari fragmen yang sebenarnya sedangkan bagian kuning adalah dugaan. 5 kaki 10⅞ inci × 51⅛ inci × 4⅜ inci (1,8 × 1,3 × 0,11 m). Musée du Louvre, Paris.

Komposisi visualnya menceritakan kisah kemenangan penting bagi Lagash ini dari dua perspektif yang berbeda, satu historis dan lainnya mitologis. Di satu sisi (lih gbr kiri), kisah pertempuran diatur dalam empat register. Sejarawan seni telah menyarankan pembacaan berurutan dari bawah ke atas dari narasi ini, yang berpuncak pada kemenangan militer raja Lagash, Eannatum, yang muncul di dua daftar teratas dan dikenali oleh kulit domba seremonial yang dia kenakan. Dalam daftar kedua dari atas, dia memimpin pasukannya dengan kereta. Di daftar teratas, dia memimpin mereka dengan berjalan kaki. Sisi kanan daftar atas menunjukkan konsekuensi kekerasan dan mengerikan dari perang dengan tumpukan tentara Umma yang telanjang dan mati, yang kepalanya diambil dan dibawa oleh burung Nasar.

Sisi sebaliknya menggambarkan pertemuan mitologis yang dianggap sebagai agen utama kemenangan Lagash. Dewa Ningirsu menahan tentara Umma di jaring pertempuran mistisnya (lih gbr kanan atas) dan menjaga mereka agar tetap rapi dengan tongkat upacaranya. Dia ditemani oleh ibunya, Lady of the Mountain, dan elang berkepala singa Anzu (kiri atas). Oleh karena itu, kedua sisi Prasasti Eannatum memperingati kekalahan Lagash atas Umma baik sebagai peristiwa sejarah maupun sebagai hasil yang tak terhindarkan secara mitologis. Teks Sumeria (tidak ditampilkan dalam gambar yang direkonstruksi) tertulis dalam naskah paku piktografik pada waktu itu dan mengisi ruang negatif dari gambar. Teks ini menceritakan kisah yang sama dengan cara yang berbeda: Raja Eannatum memutuskan untuk melawan Umma dan pergi ke kuil untuk menerima instruksi ilahi. Di sana, dalam mimpinya, dia diberitahu bahwa mayat musuhnya akan membentuk gundukan yang mencapai dasar surga. Sebuah bagian dari teks hilang, tetapi bagian terakhir dari prasasti merangkum bagaimana Eannatum mengangkat senjata melawan Umma.

 

V. KEKAISARAN AKKADIA, 2334–2193 SM

Mesopotamia melihat sejumlah transformasi dramatis dalam beberapa abad terakhir dari milenium ke-3 SM (kira-kira dari 2350 SM dan seterusnya). Sekitar 2350 SM, raja-raja Agade, negara ambisius terhadap teritorialnya yang juga dikenal sebagai Kerajaan Akkadia, berusaha menyatukan secara politik lanskap budaya dan fisik yang luas di Mesopotamia utara dan selatan. Dimulai dengan pemerintahan transformasional panjang Sargon (memerintah 2334–2279 SM), penguasa pertama kekaisaran, raja-raja dinasti memerintah dari ibu kota Agade, yang lokasinya belum ditemukan. Sementara kuil adalah institusi ekonomi yang dominan di pusat kota pada awal milenium ketiga SM, dengan pemerintahan Akkadia, institusi pesaing lainnya mulai memainkan peran penting, seperti: istana. Ketika raja menjadi penguasa yang lebih kuat, ideal, dan karismatik dalam administrasi politik yang sangat terpusat, representasi raja diubah untuk mencerminkan ideologi baru ini. Menjelang akhir periode Akkadia, raja bahkan mencapai karakter ilahi.


KEPALA PENGUASA AKKADIA
Kepala paduan tembaga dari penguasa Akkadia ini (lih gbr) menggambarkan persepsi baru Penguasa Mesopotamia dalam seni. Ditemukan di Kuil Ishtar di kota kuno Niniwe di Irak saat ini, kepala besar menggambarkan seorang penguasa (mungkin Naram-Sin, cucu Sargon) dengan fitur yang seimbang, tenang, kuat, dan percaya diri. Rambutnya yang panjang dikepang dan dililitkan di kepalanya, seperti pada gambar raja sebelumnya, dan ikal dari janggutnya yang panjang dan lebat mengalir turun dari wajahnya. Matanya akan dibuat dari batu-batu berharga, namun matanya tersebut telah (bersama dengan telinganya) di kemudian hari, mungkin sebagai protes terhadap orang-orang Akkadia. Naturalisme hidung dan tekstur wajah berpadu dengan abstraksi yang digunakan untuk fitur lain, seperti alis melengkung dan janggut bertekstur tebal. Kepala ini adalah contoh paling awal dari teknik lilin yang telah hilang yang digunakan untuk pengecoran perunggu dan paduan lainnya. Produksi patung Akkadia ini menandai titik balik Yang penting dalam seni metalurgi, dan potretnya yang sangat detail menunjukkan meningkatnya minat dari para pengrajin Mesopotamia pada akhir milenium ke-3 SM dalam mewakili tubuh manusia secara akurat.

Kepala penguasa Akkadia, kuil Ishtar, Niniwe (Mosul, Irak), periode Akkadia, kr. 2250–2220 SM. Paduan tembaga, tinggi 14⅜ inci (36,5 cm). Museum Irak, Bagdad.


PRASASTI NARAM-SIN

Tipe raja yang percaya diri dan berkuasa yang sama ini terlihat berjalan mendaki gunung di Prasasti Naram-Sin, yang aslinya dipajang di ruang publik di kota Sippar. Sargon dan raja-raja Akkadia lainnya melanjutkan praktik ukiran monumen publik pada prasasti batu yang jauh lebih awal (lih gbr perburuan singaalat musik kecapi), tetapi monumen yang lebih baru ini menggambarkan lebih sedikit aktor ilahi dan tindakan pengabdian. Sebaliknya, mereka fokus pada konflik militer dan kemenangan di perbatasan kerajaan Akkadia. Tokoh utama tidak lagi dewa dan dewi dalam bentuk manusia, tetapi penguasa Akkadia sepenuhnya yang diberdayakan sendiri. Monumen besar (6 kaki 6 inci) ini memperingati kemenangan militer penguasa Akkadia Naram-Sin (memerintah 2254–2218 SM) atas Lullubi, yang menduduki Pegunungan Zagros timur (di wilayah Kurdi sekarang di Irak dan Iran).

Prasasti kanan Naram Sin, ditemukan di Susa, Iran, periode Akkadia, 2254–2218 SM. Batu kapur, tinggi 6 kaki 6¾ inci (2 m). Musée du Louvre, Paris.

Prasasti tersebut merupakan terobosan yang menakjubkan dari konvensi visual monumen prasasti Mesopotamia sebelumnya, karena menghilangkan register horizontal yang diketahui dari monumen sebelumnya. Seluruh narasi kemenangan disatukan menjadi satu adegan, dibingkai dalam bentuk lanskap gunung itu sendiri, meniru gunung besar yang diwakili di atasnya. Dalam pemandangan lanskap ini, sosok Naram-Sin langsung menyita perhatian. Dia setengah telanjang, berotot, berjanggut, dan lebih besar dari semua tokoh lainnya. Dia berdiri sebagai pemenang, memegang busur dan anak panah dan menghadap gunung. Di sebelah kiri dia diapit oleh barisan tentara Akkadia yang teratur, berbeda dengan kekacauan Lullubi, yang memohon belas kasihan di sebelah kanan. Tubuhnya yang lebar dan digambarkan secara frontal dan langkahnya ke atas menekankan kekuatannya. Dewa dari monumen Mesopotamia sebelumnya, yang memainkan peran utama dalam pengisahan cerita visual, sekarang diturunkan ke langit di puncak prasasti tempat mereka tinggal di atas gunung, dan mereka direduksi menjadi simbol geometris: dua bintang. Naram-Sin mengenakan mahkota bertanduk ganda yang biasanya diasosiasikan dengan figur dewa, mengumumkan klaim penguasa atas status ke-Tuhanan. Narasinya disatukan dalam satu adegan yang diukir dengan relief rendah, dibingkai dalam bentuk lanskap pegunungan dan menyerupai gunung yang diwakilinya. Tumbuhan yang digambarkan pada prasasti sesuai dengan spesies pohon yang sangat spesifik dan dapat diidentifikasi. Ini dan detail lainnya pada prasasti memperkuat gagasan bahwa itu menggambarkan peristiwa yang sebenarnya.


PIRINGAN ENHEDUANNA

Wanita dari keluarga kerajaan dan elit Akkadia memegang posisi penting di seluruh kekaisaran, sebagaimana dibuktikan oleh segel wanita dan cetakan segel yang ditemukan di kota-kota. Enheduanna, putri Sargon, adalah penulis pertama yang diketahui dalam sejarah manusia dengan nama yang tercatat. Pendeta tinggi dewa bulan Nanna di Ur, dia juga penulis serangkaian himne kuil dan devosi kepada dewi Inanna.


Lempengan atau disk Enheduanna paling kanan, ditemukan di Ur (Tel el Muqayyar, Irak), sekitar 2300–2275 SM. Alabaster, diameter 10 inci (25,4 cm). Museum Arkeologi dan Antropologi Universitas Pennsylvania, Philadelphia

Sebuah prasasti runcing di bagian belakang piringan pualam (lih gbr) yang ditemukan di Ur mengidentifikasi sosok utama sebagai Enheduanna, “istri” Nanna dan putri Sargon. Arak-arakan, yang diukir dengan relief rendah, menunjukkan empat orang mendekati ziggurat atau serangkaian platform candi, yang di depannya berdiri sebuah altar. Seorang pria telanjang, mungkin seorang pendeta, menuangkan persembahan untuk mendedikasikan altar. Enheduanna diukir sedikit lebih besar dari figur lainnya. Dia mengenakan hiasan kepala seremonial dari pendeta tinggi dan pakaian wol yang dilipat. Bersama dengan dua pelayan wanita di belakangnya, Enheduanna mengangkat tangannya dalam ritual salam kepada dewa.


MERAWAT KANDANG SAPI DAN KANDANG DOMBA, SEKITAR 2200–2000 SM

Setelah runtuhnya kekaisaran Akkadia sekitar 2200 SM, negara-kota di selatan Mesopotamia menegaskan kembali kekuatan regional mereka. Para penguasa di selatan ini —seperti Dinasti Kedua Lagash dan Dinasti Ketiga Ur— jauh lebih dekat dengan tradisi panjang kehidupan sosiopolitik dan budaya Mesopotamia dan sangat ingin mengklaim warisan tradisi seni dan sastra jangka panjang. Sementara para penguasa Akkadia mendasarkan pemerintahan mereka pada kekuatan militer, perluasan wilayah, dan kekerasan, para penguasa di selatan membangun gagasan kerajaan mereka dengan merawat rakyatnya. Mereka menyebut diri mereka "gembala" dan menganggap kota dan kuil mereka sebagai kandang ternak dan kandang domba di mana penduduk mereka dilindungi. Mereka adalah negarawan yang relatif damai yang merupakan pembangun kuil yang setia dan sponsor seni dan sastra. Sejak zaman raja-raja Ur dan Lagash pada akhir milenium ketiga SM, kita memiliki banyak sekali teks sastra, patung-patung yang dibuat dan diukir dengan indah, dan kompleks kuil yang dibangun dengan megah.


PATUNG GUDEA
Mungkin penguasa paling terkenal pada periode itu adalah Gudea (memerintah 2144–2124 SM), Ensi (penguasa, atau "penguasa tanah bajak" dalam bahasa Sumeria) Lagash. Mengukir patung nazar para penguasa dari batu keras, gelap, eksotis, seperti diorit, klorit, atau steatit, dan mendedikasikannya untuk dewa tertentu, secara luas dipraktikkan oleh penguasa Mesir dan Mesopotamia pada milenium ketiga SM sebagai tanda kerajaan. Gudea menugaskan banyak patung dirinya selama hidupnya, termasuk patung duduk yang didedikasikan untuk Ningishzida, dewa tumbuh-tumbuhan dan dunia bawah (lih gbr). Permukaan batu yang keras diselesaikan dengan halus, dipoles dengan baik, dan berkilau, menciptakan rasa keabadian yang dramatis.

Patung duduk Gudea, penguasa Lagash, didedikasikan untuk dewa Ningishzida, Girsu (Tello, Irak), c. 2120 SM. Diorit, 18⅛ × 13 inci × 8⅞ inci (46 × 33 × 22,5 cm). Musée du Louvre, Paris

Ada dua puluh tujuh patung Gudea di berbagai museum di seluruh dunia. Beberapa di antaranya digali secara arkeologis antara tahun 1909 dan 1929 di situs Girsu (Tello, Irak), sementara yang lain telah dijarah dari situs tersebut dan diedarkan secara ilegal. Dalam patung-patung ini, Gudea digambarkan berdiri dalam berbagai gerakan dan pose pemujaan dan pengabdian, atau duduk, seperti yang ada di sini (lih gbr). Tangannya yang menonjol tergenggam, matanya yang berbingkai tebal tampak penuh perhatian, dan tubuhnya ekspresif. Teks-teks yang disusun dan diukir dengan indah dalam bentuk paku Sumeria menutupi bagian bawah jubahnya. Wajahnya yang dicukur bersih dan topi wol kerajaan dengan gaya ikal menunjukkan dedikasi religiusnya. Meskipun penampilannya jauh lebih saleh daripada Naram-Sin, jubahnya membiarkan salah satu lengannya terbuka, memungkinkan dia untuk menampilkan otot-ototnya yang berbentuk baik; lengannya yang beriak sebenarnya dibahas dalam prasasti. Batu untuk patung-patung ini diperoleh dari Tanah Magan (mungkin di suatu tempat di dekat Uni Emirat Arab dan Oman saat ini), yang diketahui merupakan sumber diorit. Tampaknya, meskipun patung-patung ini adalah objek keagamaan dan ritual pertama dan utama yang tidak untuk dilihat publik, Gudea membuatnya dalam diorit untuk mengumumkan kendalinya atas sumber-sumber batu.

 

ZIGGURAT DI UR
Tempat-tempat suci utama di kota-kota Ur dan Nippur dihormati di seluruh Mesopotamia dan dengan demikian melampaui kendali politik penguasa tertentu. Raja-raja Dinasti Ketiga Ur memainkan peran yang sangat penting dengan mensponsori pembangunan kuil (di mana ziggurat, lih gbr, menjadi bagiannya), dan meresmikan arsitektur kuil Mesopotamia melalui beberapa bangunan utama proyek. Pada milenium ketiga SM, kompleks cagar alam utama telah menjadi situs ziarah kolektif untuk seluruh dunia Siro-Mesopotamia, dan oleh karena itu sponsor proyek pembangunan di situs tersebut merupakan masalah persaingan di antara raja-raja Mesopotamia. Kompleks suaka besar dirancang dengan halaman yang direncanakan dengan hati-hati dan strukturnya seperti istana. Monumen utama di kompleks candi yang luas ini, dan situs utama ritual keagamaan, adalah ziggurat, yang mengangkat tempat suci para dewa dan dewi lebih dekat ke surga. Tangga dan gerbang memberikan akses ke kuil, tetapi ruang tertinggi hanya diperuntukkan bagi para pendeta dan pendeta perempuan.


Ziggurat di Tempat Suci Dewa Bulan Nanna (gambar rekonstruksi), Dinasti Ketiga Ur (Tell el-Muqayyar, Irak). Dibangun pada masa Ur Namma (memerintah 2112–2095 SM).

Sebuah contoh utama dari arsitektur yang direncanakan secara ortogonal, Tempat Suci dewa bulan Nanna mengambil proyek konstruksi yang ekstensif pada masa pemerintahan Ur Namma dari Sumer (memerintah 2112–2095 SM), menampung dan membungkus bangunan sebelumnya jauh melebihi skalanya. Ziggurat di Ur, dibangun sekitar 2100 SM, memiliki tiga set tangga besar dan terbungkus batu bata panggang. Setiap bata secara individual bertuliskan nama Ur Namma sebagai pelindung saleh yang membayar konstruksi zig-gurat. Meliputi struktur besar (210 × 148 kaki (64,01 × 45,11 m) di pangkalan, dan mungkin setinggi 100 kaki (30,48 m) adalah batu bata yang melindunginya dari pelapukan oleh angin atau hujan. Sisa-sisa kecil dari sebagian besar ziggurat di Mesopotamia, tetapi yang di Ur telah dipugar sebagian setelah struktur batanya memburuk selama ribuan tahun.

Sekitar 2000 SM, negara-negara Mesopotamia dan produksi seni mereka terhenti setelah runtuhnya Dinasti Ketiga Ur. Selama beberapa abad berikutnya, tidak ada kekuatan stabil yang menyatukan negara-kota Mesopotamia. Konflik di antara kerajaan yang bersaing menyebabkan kesetiaan bergeser dan mengganggu pertanian dan perdagangan. Puisi-puisi epik, yang dikenal sebagai ratapan kota, yang ditulis setelah periode ini berbicara tentang kehancuran kota-kota dan pemulihan akhirnya.



[1] Merkantilisme, suatu praktek ekonomi untuk mengumpulkan cadangan moneter melalui keseimbangan yang positif, namun hal ini ekstremnya dapat menyebabkan perang, karena termotivasi untuk ekspansi.




Komentar