Seni Mesopotamia dan Asia Barat 5000–2000 SM

 III. URBANISASI PADA ZAMAN URUK, SEKITAR 3800–3100 SM

Kota-kota Asia Barat pertama kali muncul di dataran kaya lumpur di Mesopotamia selatan, di daerah yang membentang kira-kira dari Bagdad saat ini hingga Teluk Persia. Selama periode Uruk (sekitar 3800–3100 SM), komunitas kecil yang dulu tersebar secara bertahap berkumpul di sekitar serangkaian pusat ekonomi, upacara, dan ritual, membentuk dua kota paling awal yang diketahui, keduanya di Irak modern: Uruk (di situs Warka modern) dan Nippur. Makanan untuk penduduk kota-kota ini diproduksi di ladang dan pertanian yang berdampingan, yang membebaskan beberapa komunitas untuk mengkhususkan diri dalam kerajinan tangan, untuk bekerja dalam kapasitas administratif untuk kuil dan kelas elit, serta terlibat dalam perdagangan dan merkantilisme[1].

Budaya material Uruk menceritakan kisah awal perkembangan kota. Misalnya, keramik yang sangat terspesialisasi dan didekorasi secara individual dari budaya sebelumnya digantikan oleh peralatan kasar utilitarian yang diproduksi secara massal yang dikenal sebagai mangkuk pelek miring, menunjukkan bahwa produksi harus mengikuti lonjakan populasi yang signifikan. Pada akhir milenium ke-4 SM (beberapa abad terakhir sebelum 3000 SM), Uruk wilayahnya mencakup lebih dari tiga perempat mil persegi, dan tembok kota yang legendaris pun dibangun. Penguasa dan tembok Uruk disebutkan dalam puisi epik Mesopotamia di kemudian, seperti Epik Gilgamesh, yang merayakan prestasi Gilgamesh, raja legendaris Uruk.

Baik penemuan tulisan maupun seni monumental pertama pada periode ini muncul di kuil, ruang praktik keagamaan dan upacara. Di kota Mesopotamia awal, kuil adalah institusi perkotaan pertama. Didedikasikan untuk dewa perempuan dan laki-laki, kuil-kuil menampung ritual harian, pemujaan banyak dewa, dan sesekali festival. Para dewa diyakini berdiam di atas ketinggian gunung atau jauh di dunia bawah, tetapi mereka juga tinggal di kuil-kuil yang dibuat orang untuk mereka, dan dengan demikian berfungsi sebagai pelindung kota-kota itu. Para pendeta kuil dan pendeta wanita memastikan bahwa ritual harian dipertahankan dengan pengorbanan dan persembahan yang sesuai sehingga para dewa senang yang dianggap untuk menjaga ketertiban kota. Peran dalam menenangkan para dewa ini memberikan kekuatan yang sangat besar pada kuil, sehingga mereka lebih dari sekadar tempat keagamaan: mereka mengorganisir produksi pertanian, memiliki kawanan yang besar, dan mempekerjakan pengrajin dan pedagang. Karena kekuatan ekonominya, kuil juga menjadikan tempat politik dan sponsor kerajaan. Uruk memiliki dua institusi perkotaan seperti itu: Kullaba (Candi Daerah Anu) dan Eanna (Kuil Daerah Innana). Mereka didedikasikan untuk ke dua dewa yang utama bagi kota pada saat itu: Anu, dewa surga, dan Inanna, dewi kemakmuran pertanian, kelimpahan, dan seksualitas.

Perkembangan menulis di Mesopotamia selatan bertepatan dengan munculnya kota-kota, dan karena itu merupakan bagian tak terpisahkan dari waktu yang sangat inovatif. Karena teks paling awal yang kita miliki dari Uruk adalah daftar komoditas, para arkeolog dan sejarawan telah menunjukkan peran ekonomi dalam menulis terutama sebagai teknologi pertukaran. Perdagangan jarak jauh seperti itu sangat penting bagi ekonomi dan organisasi sosial di kota-kota awal ini, karena wilayah tersebut kekurangan beberapa sumber daya alam yang paling penting, seperti batu bangunan atau kayu yang berkualitas untuk konstruksi bangunan, batu mulia untuk segel, perhiasan, atau patung, atau logam apa pun untuk perkakas dan persenjataan. Kira-kira enam ribu benda yang bentuknya seperti tablet tergali dari Eanna Precinct di Uruk, yang menunjukkan penemuan bahwa tulisan diadopsi secara luas di Mesopotamia (lihat: Membuatnya Nyata: Menulis di Mesopotamia).

Kuil Anu (Kuil Putih) di Uruk (Warka, Irak), sekitar 3300 SM. Proposal rekonstruksi, 2012. Candi bercat putih, dengan relung, perkiraan luas 57½ × 73 kaki (17,53 × 22,25 m).

KUIL ANU DI URUK
Sekitar 3300 SM, Kuil Anu (lih gbr) di kawasan Kullaba dibangun di atas platform tanah yang tinggi, memungkinkan kuil itu menjulang tinggi di atas pusat kota Uruk, dan secara mengesankan, terlihat bermil-mil. Platform ini dibangun di atas tingkat konstruksi candi sebelumnya dan didekorasi dengan rumit serta relung di sekelilingnya. Ini mengisyaratkan contoh awal zig gurat, sejenis candi yang dibangun pada periode arsitektur Mesopotamia selanjutnya (lihat Gambar atas).

Dibangun dari batu bata lumpur, dinding luar Kuil Anu diplester dengan gipsum putih, memberinya nama modern: Kuil Putih. Itu memiliki bagian terluar eksteriornya atau fasad yang sangat panjangsehingga menciptakan cahaya dan bayangan bergantian di bawah sinar matahari yang intens di Irak selatan, serta permukaan rongga di ruang pusat ritualnya. Bangunan itu terdiri dari ruang upacara di tengah yang lonjong dengan kamar-kamar yang lebih kecil di kedua sisinya. Dengan mengadaptasi desain rumah dari rumah tangga tiga kamar untuk tempat tinggal para Dewa dan Dewi, para pembangun Kuil Anu membuat monumen desain rumah dengan mengangkatnya ke alam dewa.


KAWASAN KUIL EANNA
Arsitektur kelompok bangunan di kawasan Eanna (“Rumah Surga”) bahkan lebih kompleks dan luas daripada Kuil Anu di kawasan Kullaba. Bangunan yang tumpang tindih pada rancangan situs arsitektur (lih gbr) menunjukkan bahwa kawasan Eanna menjalani serangkaian proyek konstruksi dalam beberapa abad terakhir milenium ke-4 SM (kira-kira 3300–3000 SM).

Rencana kompleks Eanna di Uruk (Warka, Irak), periode Uruk akhir, 3500–3100 SM.

Kawasan itu terdiri dari beberapa bangunan, termasuk kuil yang didedikasikan untuk Dewi Inanna, gudang, dan gedung administrasi. Banyak bangunan berbagi desain fasad yang sangat khusus dari Kuil Anu. Gedung Riemchen, sebuah bangunan persegi panjang yang digali diKompleks Eanna, menghasilkan harta karun artefak yang sangat kaya, mungkin didedikasikan untuk kuil Inanna. Kuil Batu Kapur (lih gbr atas) adalah struktur besar, berukuran 250 × 98 kaki (76,2 × 29,87 m) —lebih besar dari parthenon di Athena (lihat Gambar 14.3), yang belum dibangun sampai lebih dari 2.500 bertahun-tahun kemudian. Pondasinya dibangun dari balok batu kapur yang dipotong halus, dan diangkut dari jarak yang cukup jauh dan diletakkan dalam barisan atau jalur yang tepat, dikenal dengan teknik ashlar. Kemudian teknik ashlar ini kemudian ditinggalkan, mungkin karena dataran Mesopotamia selatan tidak memiliki cukup batu untuk membangun banyak struktur seperti itu, membuat teknik ini tidak berkelanjutan dalam jangka panjang. Namun demikian, periode desain inovatif ini penting karena mempertanyakan tradisi lama dan mencari bentuk dan metode baru.


MOSAIK KERUCUT
Inovasi lain di kawasan Eanna adalah penggunaan mosaik kerucut untuk menggabungkan dan menghias dinding bata lumpur (lih gbr). Bagian potongan berbentuk kerucut dengan bentuk runcing seperti pasak dibuat dari terakota atau diukir dari batu. Kerucut tersebut kemudian dilekatkan ke dalam plester untuk membuat penutup permukaan untuk dinding dan kolom. Ini digunakan untuk melindungi bata lumpur dari dampak fisik dari hujan, angin, dan eksploitasi oleh manusia, sehingga memberikan umur yang lebih panjang. Selain itu, bagian atas yang dicat atau warna alami kerucut ini (biasanya merah dan hitam) memungkinkan seniman untuk membuat dekorasi permukaan seperti mosaik, membawa semangat yang menyenangkan pada arsitekturnya. Desainnya, biasanya geometris, mungkin meniru pola yang ditemukan pada tikar buluh dan tekstil yang digunakan di rumah-rumah. Sementara mosaik kerucut adalah desain inovatif yang penting dalam teknologi arsitektur di Mesopotamia selatan pada periode Uruk, namun kemudian ditinggalkan —menjadi bukti bahwa tidak semua teknologi atau bentuk seni yang baru ditemukan dapat dimasukkan ke dalam tradisi jangka panjang.

Mosaik kerucut di Uruk, (Warka, Irak), periode Uruk akhir, 3300–3100 SM. Digali di kompleks Eanna. Museum Pergamon, Berlin.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
MEMBUATNYA MENJADI NYATA • MENULIS DI MASA MESOPOTAMIA

Mesopotamia menggunakan stylus buluh dengan ujung segitiga untuk menuliskan atau mengesankan simbol ke dalam gundukan tanah liat lembab (lih gbr). Bentuk tulisan ini disebut cuneiform, yang dalam bahasa Latin berarti “berbentuk baji”. Setelah ditorehkan, semacam tablet dikeringkan di bawah sinar matahari atau—jika sangat penting—dibakar dalam tungku. Mereka mungkin adalah dokumen tertulis paling tahan lama yang pernah dibuat.

Menggunakan stylus untuk membuat prasasti runcing di tanah liat basah.

Tulisan kuno tidak ditemukan dalam semalam. Karena jauh sebelum tablet, pedagang dan administrator Mesopotamia justru menggunakan gumpalan kecil tanah liat, yang dikenal sebagai token, yang mereka ukir dengan tanda untuk mencatat nilai numerik sebagai komoditas tertentu untuk dijual atau ditransfer. Mereka kemudian menyimpan token di dalam bola tanah liat berongga dan menyegelnya dengan menggulung silinder kecil di tanah liat, membuat Kesan (lihat gbr) untuk mencegah gangguan. Kesan pada stempel berfungsi sebagai tanda tangan kantor administrasi atau individu. Bola tanah liat berongga yang disegel, diisi dengan token, berfungsi sebagai catatan ekonomi yang stabil dan transaksi yang terperinci.

Tablet awal atas dari Uruk, dari daerah Eanna. Tablet paling kiri: 4 × 3⅛ × 2 inci (9,9 × 7,8 × 5 cm). Museum Vorderasiatisches, Berlin.

Tablet paling awal dari Uruk menggunakan sistem yang kompleks yang terdiri dari sekitar sembilan ratus tanda (lihat gambar). Tanda-tanda ini termasuk angka atau unit pengukuran, dan piktogram atau logogram (tanda yang mewakili dan mewakili keseluruhan kata atau frasa). Piktogram sangat menarik dari elemen representasional yang ditemukan pada segel dan media lainnya. Oleh karena itu, pada awal perkembangannya, tulisan pada dasarnya berasal dari gambar.

Misalnya, seperti yang ditunjukkan pada bagan (lih gbr), ketika bahasa Sumeria kuno di Mesopotamia selatan pertama kali ditulis, gambar kepala manusia mewakili kata "kepala" (sag Sumeria), sementara gambar mangkuk berdiri untuk "jatah" (Ninda Sumeria). Saat menulis menjadi lebih luas dan kompleks, piktogram secara bertahap diubah menjadi glyph yang abstrak, yang lebih mudah ditulis dengan stylus. Glyph adalah representasi konvensional yang secara konsisten mewakili kata, suku kata, atau suara. Dalam sistem penulisan cuneiform yang paling berkembang, beberapa glyph berarti kata atau frasa lengkap, sementara yang lain berarti suku kata. Artinya, yang terakhir adalah tanda-tanda fonetik, atau berbasis suara.


Perkembangan huruf kuno untuk "kepala" dan "distribusi" dari piktogram paling awal dari periode Uruk akhir hingga glif Neo-Babilonia pada sekitar 600 SM.

Selama berabad-abad, banyak bahasa berbeda di Asia Barat menggunakan aksara paku. Teks Mesopotamia ditulis dalam bahasa Sumeria, dan kemudian Akkadia, Het, dan Hurrian.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

VAS URUK
Berfungsi sebagai pusat kegiatan ekonomi perkotaan, kuil dan Dewa-dewinya dalam menghasilkan dan menerima makanan dan ternak, benda-benda seni rupa, dan monumen publik pertama dengan citra politik di Asia Barat. Para arkeolog yang bekerja di kawasan candi Uruk telah menemukan gudang yang penuh tidak hanya artefak berharga kecil tetapi juga monumen besar. Vas pualam berukir ini (Gbr. 3.8), setinggi lebih dari 3 kaki, ditemukan di gudang di daerah Eanna. Vas itu tampaknya telah rusak dan diperbaiki pada zaman kuno, menunjukkan signifikansinya dan umur panjangnya di kuil. Kerusakan lebih lanjut ketika dijarah dari Museum Irak pada tahun 2003 selama invasi AS, tetapi dikembalikan dan diperbaiki beberapa bulan kemudian.

Vas di Uruk, diukir dengan representasi relief rendah di register, sekitar 3200 SM. Alabaster, tinggi 41⅜ inci (105,1 cm). Museum Irak, Bagdad

Vas adalah salah satu contoh paling awal dari narasi bergambar, yang mewakili inovasi radikal dalam seni Mesopotamia, menuju penceritaan dalam gambar. Ukiran pada permukaan vas dibagi menjadi beberapa register horizontal (lih gbr). Dalam daftar paling bawah, terdapat garis bergelombang mendefinisikan dasar komposisi sebagai air, di atasnya deretan tanaman rami dan pohon kurma, meskipun identifikasi dari tanaman ini masih diperdebatkan. Tepat di atas vegetasi, domba jantan dan domba betina bergantian berjalan ke kanan. Barike-tiga tingkat ini menunjukkan ekologi air, tumbuhan, dan hewan yang teratur, kemungkinan besar terkait dengan pemujaan Inanna di seluruh lanskap selatan Uruk awal. Bagian tengah vas menggambarkan deretan laki-laki telanjang dan dicukur bersih dengan alat kelamin yang jelas. Para lelaki bergerak ke kiri, membawa bahan makanan dalam keranjang dan bejana, mungkin representasi visual dari ritual persembahan makanan dan minuman kepada para Dewa dan Dewi yang dilakukan di kuil ini dan kuil lainnya.

Relief ukiran pada Vas Uruk (gambar rekonstruksi)

Arah gerakan bergantian pada vas dari kiri dan kanan menghubungkan tubuh yang bergerak di register terpisah menjadi satu prosesi tunggal yang memuncak di register teratas dengan persembahan sesajen kepada sosok wanita, kemungkinan besar pendeta kuil, yang memakai jubah, jubahnya panjang dengan hiasan kepala. Sosok yang tampaknya mengawasi upacara yang sayangnya tidak dilestarikan karena perbaikan-perbaikan yang masih kuno, tetapi banyak sarjana percaya bahwa dia adalah seorang raja atau yang serupa dengan orang penting. Tepat di depan tempatnya berdiri, sesosok pria telanjang memberikan persembahan kepada pendeta. Di belakangnya berdiri sepasang tiang alang-alang, yang merupakan simbol Inanna. Di belakang tiang, kompleks candi diwakili oleh berbagai persembahan, termasuk binatang yang ditampilkan dalam prosesi di bawah dan vas pualam yang mirip dengan Vas Uruk itu sendiri.


PRASASTI BERBURU SINGA
Kompleks perkotaan Uruk tampaknya tidak memiliki jenis bangunan yang bisa disebut istana —bangunan tempat tinggal dan administrasi yang berhubungan dengan raja. Namun, gambar pria berjanggut yang mengenakan rok memang muncul dalam ukiran dan benda, dan para sarjana percaya bahwa sosok ini mewakili individu dengan kekuatan agama dan duniawi. Dalam studi arkeologi Uruk, sosok ini disebut raja-pendeta (kemudian dikenal sebagai En dalam teks-teks Sumeria) karena ia sering digambarkan sebagai individu yang mendominasi terkait dengan tindakan yang berkaitan dengan pemujaan Inanna. Prasasti Perburuan Singa (lih gbr), sebuah batu basal berukir berbentuk kasar yang ditemukan di kawasan Eanna, mencakup representasi pahatan dari sosok manusia yang khas yang sedang berburu singa. Dia muncul dua kali dalam adegan, pada dua skala yang berbeda: pertama dengan tombaknya (atas) dan kemudian dengan busur dan anak panahnya (bawah). Dia memakai rok panjang dan memiliki janggut panjang dan gaya rambut dan hiasan kepala seperti sanggul. Bentuk bongkahan batu yang tidak rata dan alami serta gambar-gambar yang mengambang di permukaan yang halus menunjukkan bahwa prasasti ini adalah contoh awal dari monumen publik, media untuk ekspresi ideologi negara di Mesopotamia. 

Prasasti Perburuan Singa dari Uruk, (Warka, Irak), daerah Eanna, 3200 SM. Basal, tinggi 31½ inci (80 cm). Museum Irak, Bagdad.

SEGEL SILINDER
Pendeta-raja juga banyak digambarkan pada segel Uruk, termasuk segel silinder yang ditemukan di daerah Eanna, diilustrasikan dengan kesan modern (lih gbr). Stempel berfungsi sebagai alat birokrasi untuk mengatur perdagangan dan pertukaran. Dengan menggunakan alat logam, pengrajin mengukir desain yang khas, dan itu biasanya adalah sosok figur, dan menjadi batu mulia yang keras. Jika ditempelkan pada tanah liat yang basah, maka cap-cap tersebut meninggalkan cetakan yang berfungsi sebagai tanda tangan seorang pedagang, pejabat, atau orang penting lainnya. Pintu gudang, bejana berisi bahan makanan, dan bahkan amplop tanah liat untuk surat atau kontrak disegel dengan cara ini. Segel silinder adalah inovasi dari periode Uruk. Malahan permukaannya yang datar, yang desainnya diukir di atas batu bundar, tentunya dapat digulingkan di tanah liat basah. Oleh karena desainnya yang bulat itu, cetakan pun dapat digulung untuk bagian yang lebih panjang, menciptakan satu gambar yang berkesinambungan.

Segel silinder dan kesan (modern) dari Uruk, (Warka, Irak), 3300–3100 SM. Marmer, tinggi 2 inci (5,1 cm). Museum Vorderasiatisches, Berlin.

Banyak segel silinder diukir dari batu semi-mulia yang diimpor, seperti batu akik, hematit, atau lapis lazuli—yang merupakan salah satu batu mulia yang paling banyak digunakan pada benda-benda prestisius awal Mesopotamia. Lapis lazuli ditambang di Pegunungan Badakhshan Afghanistan, menunjukkan keterlibatan Mesopotamia dalam perdagangan jarak jauh. Batu-batu ini diyakini memiliki makna simbolis, dengan adanya tambahan lapisan ekstra penting pada segel. Segel yang ditunjukkan di sini diukir dari marmer. Cetakan yang muncul merupakan adegan di batu dengan hewan, tiang, dan sosok laki-laki. Pria itu tampaknya adalah pendeta-raja Uruk yang sama yang terlihat di Prasasti Perburuan Singa (lih gbr). Sosok serupa ditemukan pada pisau yang diukir di Mesir, yang dikenal sebagai pisau Gebel el-Arak. Ikonografi bersama ini dan penemuan segel silinder di Mesir yang jelas dibuat di Mesopotamia menunjukkan adanya kontak langsung atau tidak langsung antara budaya kuno ini bahkan pada awal tanggal ini.



[1] Merkantilismesuatu praktek ekonomi untuk mengumpulkan cadangan moneter melalui keseimbangan yang positif, namun hal ini ekstremnya dapat menyebabkan perang, karena termotivasi untuk ekspansi.




Komentar