Seni Mesopotamia dan Asia Barat 5000–2000 SM

 IV. PERIODE DINASTI AWAL, 2950–2350 SM

Dalam apa yang sekarang disebut periode Dinasti Awal di Mesopotamia Selatan (2950–2350 SM), beberapa kota makmur, dengan elit perkotaan baru, muncul. Kota Khafajah, Eshnunna, dan Ur adalah ibu kota kerajaan-kerajaan regional yang relatif kecil yang menguasai wilayah pertanian dan penggembalaan serta jaringan irigasi mereka. Komunitas perkotaan otonom ini bergantung pada produksi pertanian dan peternakan, dan mereka melanjutkan perdagangan jarak jauh dengan Anatolia, Teluk Persia, dan sekitarnya. Mereka juga berbagi kepercayaan dan praktik keagamaan yang melibatkan penyembahan dewa-dewa Mesopotamia dan perayaan festival mereka. Artefak yang ditemukan di kuburan menunjukkan peningkatan bahan berharga dan barang prestis, menunjukkan pertumbuhan di kelas elit perkotaan. Perubahan struktur sosial ini, dan sentralisasi kekuasaan dan kekayaan yang berkembang, menciptakan kondisi untuk proyek arsitektur yang besar, serta perubahan luar biasa dalam seni visual dan praktik pemakaman di bawah sponsor lembaga kuil dan kelas elit baru.


TOKOH (PATUNG) NAZAR
Selama periode Dinasti Awal, kuil tetap menjadi institusi perkotaan yang paling penting, individu dan keluarga terus memberikan persembahan kepada dewa yang diabadikan di dalamnya. Hadiah seperti itu sering berbentuk plakat batu berukir, benda logam, dan patung Nazar. Ditempatkan di ruang kultus di mana ritual diadakan, patung Nazar memungkinkan sumbangan mereka untuk berada di hadapan yang ilahi. Sebagai imbalan atas hadiah ini, para pendonor sumbangan mengharapkan dewa atau dewi untuk melindungi mereka dari bahaya dan membawa mereka keberuntungan.

Tokoh Nazar dari Kuil Abu, Eshnunna (Tell Asmar, Irak), 2750–2600 SM. Gypsum, batu kapur, dan pualam dengan mata bertatahkan cangkang, batu kapur hitam, dan lapis lazuli, tinggi figur terbesar 29⅞ inci (75,9 cm). Museum Institut Oriental, Universitas Chicago.

Harta karun yang luar biasa berupa patung nazar berasal dari Kuil Abu di Eshnunna (sekarang Tell Asmar, Irak). Mereka digali di ruang pemujaan, di mana mereka telah dikuburkan di zaman kuno di bawah lantai di belakang altar. Patung-patung itu diukir dari gipsum —batu lunak— pada berbagai skala, menggunakan bentuk formalinya yang abstrak: beberapa tubuh memiliki bentuk kerucut, kaki silinder, dan bagian persegi (lih gbr). Kaki-kakinya, yang banyak dibentuk untuk dilihat hanya dari depan, berfungsi sebagai pilar yang menopang seluruh tubuh. Setiap patung memiliki alas persegi panjang untuk menjaga agar patung tetap tegak.

Sebagian besar menganggap Dewa Nazar adalah seorang laki-laki memiliki janggut dan rambut panjang, dengan detail yang rumit dengan pola seperti gelombang horizontal, sedangkan sebagian besar perempuan memiliki rambut dikepang. Sebagian besar figur mengenakan rok yang diakhiri dengan deretan jumbai, sementara beberapa mengenakan rok kulit domba seremonial yang diukir halus di gipsum. Beberapa wanita memiliki satu bahu terbuka. Semua nazar memiliki dua ciri khas. Pertama, tangan mereka dirapatkan di dada dalam pose pemujaan, siap untuk memegang cangkir persembahan cairan ritual mereka. Kedua, mereka memiliki mata dengan hiasan yang besar yang terbuat dari bahan yang cerah: seperti dari cangkang untuk kornea dan batu kapur hitam atau lapis lazuli untuk mata. Sehingga tatapan mata para Nazar memberi tatapan yang intens, tertuju pada gambar Dewa di kuil. Tidak diketahuinya status sosial individu yang diwakilinya, namun karena patung-patung itu tidak bertulisan, maka patung-patung tersebut dianggap kalau mereka bukanlah seorang raja. Bentuk patung Nazar ini dipinjam oleh raja-raja Mesopotamia yang kemudian memiliki patung serupa yang diukir dari batu yang lebih berharga dan tahan lama, seperti batu diorit.


MAKAM KERAJAAN UR
Salah satu kota paling menonjol pada akhir milenium ke-3 SM (beberapa abad terakhir sebelum 2000 SM) adalah Ur, terdapat situs modern Tell el-Muqayyar di Irak selatan, merupakan komplek dari tempat perlindungan yang sangat penting yang didedikasikan untuk dewa bulan, Nanna. Makam kerajaan yang digali di Ur oleh para arkeolog antara tahun 1922 dan 1934 menunjukkan bukti kekuasaan elit, perdagangan jarak jauh, dan produksi artistik.

Saat menggali di sudut barat daya kuil Nanna, para arkeolog menemukan dan menggali hampir dua ribu kuburan di tanah pemakaman besar dan sangat dalam yang berasal dari jauh sebelum pembangunan kompleks kuil Ur Namma, dan, berdasarkan arsitektur temuan dan barang yang terkubur dengan almarhum, mereka mengidentifikasi enam belas makam kerajaan. Dalam beberapa kasus, termasuk makam Ratu Puabi (Makam 800), rombongan dari individu-individu dimakamkan secara ritual dengan individu yang elit. Hingga tujuh puluh lima orang dimakamkan secara bersamaan, mengenakan pakaian ritual dan memegang alat musik atau benda-benda upacara lainnya. Semua anggota rombongan memegang cangkir kecil yang mungkin digunakan mereka untuk minum racun pada puncak upacara, dan beberapa tengkorak menunjukkan bukti bahwa mereka mati karena pukulan di kepala, menunjukkan sebagai bentuk pengorbanan manusia. Kekayaan artefak di dalam makam kerajaan memberikan jendela langka ke kehidupan perkotaan di milenium ke-3 SM, dan menunjukkan kompleksitas teknologi produksi, keterampilan artistik, dan tingkat perdagangan jarak jauh di Mesopotamia pada saat itu.


STANDAR KERAJAAN UR
Salah satu temuan paling menarik di tanah pemakaman adalah Royal Standard of Ur, yang ditemukan di makam seorang pria. Royal Standard adalah kotak trapesium dari kayu berongga, dengan ke-empat sisinya dihiasi dengan pemandangan mosaik bertatahkan cangkang yang terbuat dari batu kapur merah, dan lapis lazuli, dan dipasang di bitumen (campuran kental hitam alami yang berfungsi sebagai semacam lem atau pengikat). Leonard Woolley, seorang arkeolog Inggris yang melakukan penggalian di Ur, menyebut objek misterius ini sebagai standar (panji upacara) karena dia berasumsi bahwa benda itu akan ditinggikan di atas sebuah tiang dan mungkin digunakan dalam pemakaman atau prosesi ritual lainnya, mirip dengan standar yang digambarkan pada palet Narmer dari Mesir (lihat gambar). Para sarjana sekarang skeptis terhadap interpretasi Woolley tersebut, tetapi teori lain tentang penggunaan asli objek tersebut belum dapat dibuktikan.

Apapun fungsinya, sebagai sebuah standar telah memberikan contoh awal dari narasi bergambar di mana konflik politik, perang, dan pesta terkait dalam hubungan sebab-akibat. Masing-masing dari dua wajah utamanya menggambarkan episode yang berbeda dalam sebuah narasi yang dibagi menjadi tiga catatan horizontal, dengan adegan penutup di catatan teratas. Di satu sisi atau bagian menggambarkan pertempuran dan penangkapan tawanan perang berikutnya, yang kemudian diberikan kepada seseorang yang berstatus tinggi (lih gbr A). Di catatan terbawah, tampak kereta, masing-masing ditarik oleh empat onager (spesies keledai atau kuda liar), menginjak-injak tubuh musuh yang telanjang yang dikalahkan. Adegan berkelanjutan di catatan tengah dengan sekelompok tentara bersenjata mengambil tahanan musuh mereka yang telanjang. Di catatan teratas, para tawanan disajikan kepada penguasa yang ditempatkan di tengah. Penggunaan skala hierarkis menggambarkan dia sedikit lebih tinggi dari yang lainnya, dan posisinya yang sangat dominan dalam adegan menunjukkan statusnya sebagai pemimpin. Pendampingnya adalah abdi dalem yang memegang instrumen. Kereta di paling kiri mungkin disediakan untuk penguasa.

 
Gambar A dan B Royal Standard of Ur, sisi pesta.

Standar sisi atau bagian utama lainnya juga menggambarkan orang-orang yang bergerak melintasi tiga register. Di bagian atas, narasi melibatkan perayaan dalam bentuk jamuan makan (lih gbr. B). Satu sosok, sedikit lebih besar dari yang lain, mendominasi pemandangan. Dia duduk, memegang cangkir dan mengenakan rok berkerut seremonial yang umum dalam representasi orang-orang elit dalam seni Mesopotamia awal. Dia menghadap ke para perjamuan lain, yang dihibur oleh apa yang tampak seperti pemain kecapi dan penyanyi di paling kanan. Dua register bawah menggambarkan prosesi panjang orang yang membawa hewan dan berbagai barang, mungkin sebagai penghormatan kepada penguasa mereka. Menariknya, bagian depan kecapi dihiasi dengan kepala banteng yang mirip dengan kecapi dari Ur (lih gbr di bawah).


KECAPI (ALAT MUSIK) BESAR UR
Temuan spektakuler lainnya dari Makam Kerajaan Ur adalah Kecapi Besar (lih gbr), ditemukan di dalam makam raja (Makam 789) yang dijarah pada zaman kuno. Kecapi pastilah alat musik populer untuk upacara pemakaman di Ur, karena sebagai isi Makam Kerajaan beberapa di antaranya. Kayu inti dari kotak suara dari sebelas senar kecapi telah hancur, tetapi bagian depan kecapi yang ditata dan dibangun dengan hati-hati tetap dipertahankan. Ditemukan bersebelahan dengan mayat wanita berpakaian rumit yang mengambil bagian dalam upacara pemakaman.

Kecapi Besar dengan kepala banteng berjanggut, dari Makam 789, Makam Kerajaan Ur (Tell el-Muqayyar, Irak), periode Dinasti Awal IIIA, 2550–2400 SM. Kayu, emas, perak, lapis lazuli, cangkang, dan bitumen, panjang 15¾ in. (40 cm), lebar 9⅞ in. (25 cm), kedalaman 7½ in. (19 cm). Museum Arkeologi dan Antropologi Universitas Pennsylvania, Philadelphia.

Bagian depan kecapi bertahtakan alas dan di atasnya terdapat kepala banteng berjanggut yang dilapisi emas. Di bawah kepala banteng, empat daftar adegan naratif bertatahkan cangkang di atas (seperti) aspal. Adegan-adegan ini menggambarkan hewan yang terlibat dalam kegiatan yang biasa berhubungan dengan manusia, seperti menyembelih daging, membawa dan menuangkan cairan dari bejana, dan memainkan alat musik. Di adegan teratas, seorang tokoh yang telanjang menggunakan lengannya untuk mengendalikan dua banteng berkepala manusia yang menatap penonton. Secara bersama-sama, adegan-adegan tersebut tampaknya menyajikan upacara pemakaman atau kehidupan setelah kematian di dunia bawah, tetapi dengan hewan yang mengambil peran manusia.


PRASASTI EANNATUM
Ketika kekuatan negara-kota pada periode Dinasti Awal tumbuh dan orang-orangnya berinteraksi melalui perdagangan dan melalui konflik atas air dan tanah, monumen publik digunakan sebagai pernyataan tertulis dan visual tentang kekuasaan dan situs politik. Monumen publik memperingati peristiwa atau orang tertentu sambil juga mendefinisikan dan membentuk ruang kota melalui kekuatan visual dan arsitekturnya. Salah satu contoh paling awal dari monumen publik yang menggabungkan kekuatan prasasti dengan kekuatan narasi visual adalah Prasasti Eannatum dari kerajaan Lagash, di Irak modern (lih gbr). Monumen batu kapur ini, tertanggal 2460 SM, adalah prasasti bundar yang mengesankan setinggi hampir 6 kaki. Diawetkan hanya dalam beberapa fragmen, itu terutama sebuah monumen kemenangan yang didirikan oleh negara-kota Lagash, yang mengalahkan negara-kota Umma di sengketa wilayah pertanian yang suci bagi dewa Ningirsu, dewa badai dan dewa pelindung Lagash. Tugu merupakan kontrak hukum yang menyelesaikan sengketa tanah dan meresmikan perjanjian dengan menandai batas yang disepakati.

Prasasti Eannatum (gambar rekonstruksi), dari Girsu (Tello, Irak), sekitar 2460 SM. Bagian putih adalah gambar dari fragmen yang sebenarnya sedangkan bagian kuning adalah dugaan. 5 kaki 10⅞ inci × 51⅛ inci × 4⅜ inci (1,8 × 1,3 × 0,11 m). Musée du Louvre, Paris.

Komposisi visualnya menceritakan kisah kemenangan penting bagi Lagash ini dari dua perspektif yang berbeda, satu historis dan lainnya mitologis. Di satu sisi (lih gbr kiri), kisah pertempuran diatur dalam empat register. Sejarawan seni telah menyarankan pembacaan berurutan dari bawah ke atas dari narasi ini, yang berpuncak pada kemenangan militer raja Lagash, Eannatum, yang muncul di dua daftar teratas dan dikenali oleh kulit domba seremonial yang dia kenakan. Dalam daftar kedua dari atas, dia memimpin pasukannya dengan kereta. Di daftar teratas, dia memimpin mereka dengan berjalan kaki. Sisi kanan daftar atas menunjukkan konsekuensi kekerasan dan mengerikan dari perang dengan tumpukan tentara Umma yang telanjang dan mati, yang kepalanya diambil dan dibawa oleh burung Nasar.

Sisi sebaliknya menggambarkan pertemuan mitologis yang dianggap sebagai agen utama kemenangan Lagash. Dewa Ningirsu menahan tentara Umma di jaring pertempuran mistisnya (lih gbr kanan atas) dan menjaga mereka agar tetap rapi dengan tongkat upacaranya. Dia ditemani oleh ibunya, Lady of the Mountain, dan elang berkepala singa Anzu (kiri atas). Oleh karena itu, kedua sisi Prasasti Eannatum memperingati kekalahan Lagash atas Umma baik sebagai peristiwa sejarah maupun sebagai hasil yang tak terhindarkan secara mitologis. Teks Sumeria (tidak ditampilkan dalam gambar yang direkonstruksi) tertulis dalam naskah paku piktografik pada waktu itu dan mengisi ruang negatif dari gambar. Teks ini menceritakan kisah yang sama dengan cara yang berbeda: Raja Eannatum memutuskan untuk melawan Umma dan pergi ke kuil untuk menerima instruksi ilahi. Di sana, dalam mimpinya, dia diberitahu bahwa mayat musuhnya akan membentuk gundukan yang mencapai dasar surga. Sebuah bagian dari teks hilang, tetapi bagian terakhir dari prasasti merangkum bagaimana Eannatum mengangkat senjata melawan Umma.

 


Komentar