Pengantar
Mesir Kuno meninggalkan jejak
abadi pada sejarah seni, dengan monumen pemakaman seperti Piramida Giza dan
Sphinx Agung, ritual rumit dan benda-benda yang dirancang untuk meningkatkan
kehidupan setelah kematian, dan warisan representasi visual yang luar biasa.
Sejarah Mesir kuno terkait dengan sumber air terpentingnya, Sungai Nil, yang
mengalir ke utara dari tengah-tengah Sudan saat ini, melalui Mesir, dan ke
delta yang luas dan subur yang mengalir ke Laut Mediterania. Musim banjir
tahunan (akhet) Sungai Nil mengantarkan tanah kaya mineral ke ladang Mesir dan
terus meningkatkan lahan pertanian. Siklus alam ini menciptakan kalender
reguler untuk bercocok tanam dan memanen tanaman; itu juga mempengaruhi
konsepsi orang Mesir tentang tatanan kosmik dan waktu. Bagi masyarakat Mesir,
Sungai Nil adalah sumber mata pencaharian dan pusat kehidupan mereka. Orang
Mesir kuno menyebut daerah di sepanjang Sungai Nil sebagai Kemet, yang berarti “tanah
hitam”—mengacu pada tanah aluvial yang sangat subur di lembah Nil— dan gurun
gersang sebagai “tanah merah” (Deshret).
Dimulai pada milenium keempat SM, selama periode Predinastik, dua zona budaya yang berbeda muncul di lanskap politik Mesir: Mesir Hilir di utara dan Mesir Hulu di selatan (lihat Peta). Sementara kedua wilayah ini kadang-kadang hidup berdampingan secara damai, dan di lain waktu bersaing untuk mendapatkan kekuasaan, gagasan tentang Mesir Bawah dan Atas yang bersatu memiliki signifikansi politik dan sosial yang cukup besar bagi orang Mesir.
Jauh kemudian, selama bagian awal Kerajaan Lama, raja-raja Mesir menggunakan konsep ma'at untuk melegitimasi kekuasaan mereka. Ma'at dikaitkan dengan tatanan duniawi dan kohesi sosial, yang terkait dengan siklus musim tanam dan banjir yang teratur. Ma'at kadang-kadang dicirikan sebagai dewi pelindung, tetapi karena tatanan duniawi adalah negara yang rapuh, dewa-dewa Mesir lainnya, terutama Horus, bertanggung jawab untuk memerangi kekuatan kacau yang mengancamnya. Raja-raja Kerajaan Lama mengasosiasikan diri dengan Horus sebagai pemelihara ma'at, sehingga secara erat menghubungkan diri mereka dengan perjuangan antara kekacauan dan ketertiban sosial. Sebagian besar seni Mesir kuno yang bertahan hingga saat ini berkaitan dengan konsepsi dunia ini. Sumber daya signifikan yang didedikasikan orang Mesir untuk pembangunan dan perhiasan makam kerajaan selama Kerajaan Lama menunjukkan pentingnya kematian dan kelahiran kembali penguasa sebagai dewa Osiris dalam pelestarian ma'at di negara Mesir. Benda-benda, pahatan, dan lukisan di makam dan piramida yang rumit ini diyakini merupakan benda-benda dan orang-orang yang dibutuhkan untuk menafkahi penguasa di akhirat. Selain itu, bahan tahan lama dan penggambaran penguasa sebagai orang yang ideal, kuat, dan serius memperkuat gagasan Mesir tentang keabadian, stabilitas, dan keteraturan abadi.
Sementara seni Mesir kuno
sering mencerminkan pandangan siklus dunia dan akhirat yang teratur ini, itu
juga mencakup dari bagian inovasi dan perubahan yang signifikan. Selama kira-kira
2.000 tahun dari awal periode Predinastik hingga akhir Kerajaan Lama, orang
Mesir menyatukan Mesir Hulu dan Hilir, menemukan bentuk tulisan, membangun
pusat kota dan situs pemakaman besar, dan mengembangkan beberapa peninggalan
yang paling bertahan lama. dan citra dikenali dari setiap budaya kuno.
Lembah Nil Pradinasti, sebelum 3000 SM
Setelah sekitar 3400 SM dan
seterusnya di Mesir Hulu, sebelum penyatuan Mesir di bawah satu penguasa,
pusat-pusat kota seperti Hierakonpolis dan Abydos mengembangkan situs-situs
ritual di bagian selatan Lembah Nil. Pusat-pusat ini memiliki tradisi pemakaman
dan arsitektur ritual yang kaya dan beragam, dan kemudian dikaitkan dengan
asal-usul kerajaan Mesir dan kekuatan politik yang ditahbiskan secara ilahi.
Penggalian baru-baru ini di kuburan mereka mengungkapkan barang-barang kuburan
yang mencerminkan kekayaan kelas elit urban yang baru muncul. Banyak pria dan
wanita dimakamkan dengan perhiasan berharga, manik-manik, palet kosmetik, dan
patung-patung yang diukir di batu dan gading (dan mungkin juga kayu, yang tidak
bertahan lama). Komunitas perkotaan ini berbagi budaya material yang seragam,
termasuk gaya dan teknik yang digunakan untuk membuat benda-benda ini dan untuk
membangun struktur untuk memperingati penguburan. Seni dan arsitektur dari
praktik pemakaman ini nantinya akan menjadi dasar bagi kompleks piramida Mesir
yang ikonik yang terkenal saat ini.
Lukisan Makam Di Hierakonpolis
Kota kuno Nekhen, sekarang Hierakonpolis, dikaitkan dengan kultus Horus (biasanya digambarkan sebagai pria berkepala elang), yang kemudian dikenal sebagai dewa kerajaan. Beberapa kuburan elit di kota itu berisi penguburan rumit manusia dan hewan bersama-sama, yang menunjukkan hubungan dekat antara spesies tersebut. Sebuah lukisan dinding di sebuah makam di Hierakonpolis, yang berasal dari pertengahan milenium keempat SM, (sekitar 3500) direproduksi dalam faksimili akhir abad kesembilan belas ini sebelum kondisi dinding aslinya memburuk (Gbr 1). Seniman kuno telah menerapkan pigmen merah, putih dan hitam pada bata lumpur yang diplester untuk menggambarkan berbagai aktivitas manusia sehari-hari di sepanjang Sungai Nil, termasuk berkelahi, berburu, dan menggembala, dengan cara yang tampaknya tidak terstruktur (Gbr 2). Perahu berjalan di sungai, termasuk galai terbuka berbentuk U berwarna putih yang membawa makanan dan kargo lainnya, dan satu perahu hitam besar dengan haluan tinggi, yang digunakan untuk berlayar di Mediterania. Meskipun gambar-gambar tersebut dikelompokkan ke dalam aktivitas yang berbeda dan berinteraksi satu sama lain, mereka tidak diatur dalam daftar atau komposisi spasial ketat lainnya. Seniman tidak membedakan air dari darat, dan orang-orang dan hewan berdiri di daerah di mana perahu mungkin mengambang. Orang, hewan, dan perahu terlihat seolah-olah dari permukaan tanah, tetapi sungai tampak terlihat dari atas. Representasi informal ruang ini kemudian memberi jalan kepada penggunaan ruang yang lebih kaku, terorganisir, dan hierarkis yang akan bertahan hingga Kerajaan Baru dan akhir Zaman Perunggu (sekitar 1200 SM).
Pisau Gebel
El-Arak
Meskipun orang-orang di Mesir Hulu secara mandiri mengembangkan kota, tulisan, dan organisasi negara awal pada waktu yang hampir bersamaan dengan munculnya di Mesopotamia selatan, ada banyak contoh pertukaran budaya di antara wilayah tersebut. Contoh interaksi budaya antara Mesir dan Asia Barat adalah pisau Gebel el-Arak (Gbr 3), dari desa Gebel el-Arak dekat Abydos, dibuat sekitar waktu yang sama dengan lukisan makam Hierakonpolis. Pisau memiliki bilah batu melengkung dan pegangan gading berukir yang dapat dibuat dari gigi kuda nil. Seniman menciptakan tepi dan pola di satu sisi bilah dengan mengelupas bagian-bagian batu; bagian belakang pisau halus dan dipoles. Satu sisi gagang gading (Gbr. 4 kanan) menggambarkan adegan pertempuran dengan dua register individu dalam pertarungan tangan kosong. Di bawah mereka, dua jenis perahu yang berbeda, mirip dengan yang ada di lukisan dinding Hierakonpolis, bergerak mendekati pertempuran. Di sisi lain pegangan (Gbr. 4 kiri), seorang pria berjanggut berjubah panjang mencengkeram leher dua singa yang berdiri di atas kaki belakangnya. Individu berjubah dan berjanggut ini mirip dengan sosok laki-laki yang ditafsirkan sebagai raja- pendeta yang digambarkan dalam banyak segel, vas pualam, dan patung dari Uruk di Mesopotamia selatan (lihat Gambar 3.10), dan sejarawan seni telah menyarankan bahwa pisau adalah contohnya. pertukaran ikonografi dan simbol kerajaan yang disengaja antara Mesopotamia dan Mesir.
Palet Narmer
Benda-benda yang ditemukan di
situs Mesir Hilir menyandang nama Narmer, kadang-kadang diidentifikasi sebagai
Menes, raja legendaris yang pertama kali menyatukan dua bagian Mesir. Apakah
penyatuan politik dan budaya Mesir Hulu dan Mesir Hilir terjadi secara bertahap
selama bertahun-tahun, atau lebih cepat melalui kekuatan militer dan penaklukan
tidak pasti, tetapi dengan c. 3050 SM, seluruh Mesir bersatu di bawah satu
penguasa.
Sekitar 3000 SM, sebuah pusat kultus yang didedikasikan untuk Horus telah dibangun di Hierakonpolis. Monumen suci ini termasuk dinding bata lumpur rendah di sekitar gundukan di tengah. Di atas gundukan itu ada kuil yang dibangun dari alang-alang, yang juga dikelilingi oleh dinding.
Pada akhir abad kesembilan belas, para arkeolog menemukan simpanan persembahan di sumur persegi panjang yang dalam di dalam tempat kudus, termasuk sejumlah besar artefak yang dihias dengan rumit, seperti gada berukir batu, palet, pisau batu dan patung, dan bejana batu dan keramik. Yang paling penting di antara artefak ini adalah Palet Narmer (Gbr. 5), sepotong batu datar berwarna abu-abu-hijau tua (graywacke) yang besar dan dipahat dengan rumit, yang berasal dari sebelum 3000 SM. Palet batu digunakan untuk menggiling mineral seperti perunggu (batu hijau terang) dan menyiapkan cat mata untuk manusia dan patung, tetapi Palet Narmer kemungkinan dimaksudkan untuk menjadi persembahan kuil untuk dewa—panjangnya lebih dari 2 kaki dan terlalu berat untuk penggunaan normal. Pada palet ini, lekukan melingkar dengan pigmen tanah yang mewujudkan leher dua serpopard yang saling terkait, hibrida mitos ular dan macan tutul (lihat sisi kiri Gambar 5), mungkin di sini dimaksudkan sebagai simbolis penyatuan dua bagian Mesir. Banyak palet memiliki sisi polos, tetapi pada beberapa lainnya, termasuk Palet Narmer, kedua permukaan ditutupi dengan relief rendah.
Palet Narmer menampilkan
beberapa representasi paling awal dari kerajaan di Mesir dan juga contoh awal
tulisan hieroglif: nama raja ditulis di tengah atas di kedua sisi palet sebagai
gambar persegi panjang dari pintu masuk istana yang melampirkan seekor ikan
lele (dengan tertulis n'r) di atas pahat (dengan tertulis mr), yang
bersama-sama dapat dibaca sebagai "Narmer." Dalam adegan yang
dipisahkan oleh garis, raja diwakili beberapa kali dan pada berbagai skala. Di
satu sisi (sisi kanan Gambar 5), Narmer menempati bagian tengah. Dia diwakili
dalam skala hierarkis, menyerang musuh yang berlutut dengan tongkat upacaranya.
Dia diamati oleh elang yang mewakili dewa Horus, pelindung ilahi raja, yang
diyakini sebagai manifestasi manusianya. Elang bertengger di tanaman papirus
(kemudian menjadi simbol Mesir Hilir) dan memegang tali yang menempel di hidung
kepala terpenggal tawanan yang kemungkinan dimaksudkan untuk mewakili Mesir
bagian bawah. Narmer mengenakan mahkota putih Mesir Hulu (dapat dikenali dari
bentuknya) dan diikuti oleh pembawa sandalnya, seorang pejabat tinggi yang
digambarkan dalam skala yang lebih kecil. Raja bertelanjang kaki, menandakan
bahwa dia sedang berjalan di tanah suci. Dua musuh yang dikalahkan berpose
dalam penaklukan di bagian bawah palet pada daftar terendah. Sepasang wajah
manusia yang digambarkan di depan dengan telinga dan tanduk sapi diukir di
daftar paling atas, mengapit nama penguasa. Wajah-wajah yang cocok dengan
pasangan diletakkan diatas di sisi lain palet (sisi kiri Gambar 5), mengacu
pada versi awal dewi Hathor, yang merupakan pelindung raja dan yang juga
terkait dengan ternak, langit, dan empat penjuru dunia. Dalam gambar tepat di
atas lekukan yang melingkar tersebut, Narmer kembali mendominasi pemandangan.
Kali ini dia memakai mahkota merah Mesir Hilir. Dia digambarkan dalam prosesi upacara
di sebelah kiri dengan iring-iringan yang standar dan berjalan menuju mayat
musuh tanpa kepala yang berbaris di seberang lapangan dengan kepala terpenggal
terselip di antara kaki mereka sendiri. Tontonan kekerasan ini akan dirancang
untuk menanamkan ketakutan dan kekaguman pada musuh Narmer. Di daftar terbawah,
seekor banteng perkasa menyerang sebuah benteng.
Secara keseluruhan, gambar palet menyampaikan kekuatan penguasa dan menunjukkan bagaimana hal itu digambarkan sebagai negara bagian awal yang berkembang di Mesir. Palet Narmer juga merupakan salah satu contoh paling awal dari keinginan seniman Mesir untuk mewakili tubuh manusia dengan cara yang harmonis dan dapat dikenali. Beberapa bagian, seperti kepala, kaki, dan tungkai, digambarkan secara profil, sedangkan batang tubuh dan satu mata digambarkan secara frontal, sebuah konvensi yang tetap digunakan selama beberapa abad dalam media dua dimensi, seperti relief rendah dan lukisan.
Komentar
Posting Komentar