SENI MESIR : DARI LEMBAH NIL PRADINASTI HINGGA KERAJAAN LAMA 4000–2000 SM (3)

Kompleks Pemakaman Djoser

Netjerikhet, raja pertama Dinasti Ketiga, dikenal oleh generasi selanjutnya sebagai Djoser (memerintah 2667–2648 SM). Kompleks pemakaman yang ditugaskannya di Saqqara (Gbr. 1) tidak hanya mengadaptasi elemen dari makam kerajaan mastaba di sana, tetapi juga kompleks pemakaman dan kandang penguburan dengan dinding relung dan dekorasi yang digunakan di Abydos dan Hierakonpolis. Bentuk tumbuhan seperti tanaman yang diukir dengan rumit di batu meniru alang-alang dan kayu yang digunakan di dinding struktur yang lebih tua. Penggunaan material yang lebih permanen dan stabil ini membentuk estetika arsitektur baru, sambil tetap setia pada tradisi bangunan sebelumnya.

1. Kompleks pemakaman Djoser, dengan Piramida Tangga (gambar skema), Saqqara, Mesir, Kerajaan Lama, Dinasti Ketiga, 2667–2648 SM


Kompleks Djoser kemudian dikatakan telah dibuat dan dirancang oleh Imhotep, seorang pejabat penting dalam pemerintahan Djoser yang kemudian dikenal sebagai ahli matematika, filsuf, penyembuh, dan astronom. Nama Imhotep tertulis di dasar salah satu patung duduk Djoser, menjadikannya arsitek pertama yang dikenal dalam sejarah yang namanya tercatat dengan desainnya. Memang, dia sangat dihormati sehingga orang Mesir dari dinasti kemudian membuatnya menjadi dewa.

 

Kompleks pemakaman mencakup 37 hektar (548,64 × 274,32 m) dan dikelilingi oleh dinding setinggi 34 kaki (10,36 m) dengan relung berulang (lihat 1). Dinding itu memiliki empat belas pintu palsu tetapi hanya satu pintu masuk yang berfungsi yang mengarah ke aula besar dan panjang yang terdiri dari dua puluh pasang tiang batu setinggi 6,71 m yang diukir agar terlihat seperti buluh yang dibundel dan ditutup dengan atap batu kapur. Bagian dalam kandang terbuka termasuk bangunan, halaman, kuil, ruang pemakaman untuk anggota keluarga kerajaan, dan piramida langkah pertama yang diketahui Mesir. Kompleks pemakaman Djoser mencakup dua struktur pemakaman kerajaan: Piramida Langkah dan Makam Selatan, keduanya memiliki struktur bawah tanah yang kompleks dengan poros, koridor, ruang, dan kubah pemakaman. Piramida Tangga dibangun dalam beberapa tahap, mencapai ketinggian 205 kaki (62,48 m). Keenam tingkatnya tampak seperti serangkaian struktur mirip mastaba yang berurutan lebih kecil, masing-masing terbuat dari balok batu bata kecil. Para pembangun menggali 5,63 km koridor, poros, dan ruang di bawah struktur, menciptakan istana bawah tanah yang rumit untuk mumi Djoser dan ka-nya (lihat kotak: Pemikiran Sejarah Seni: Patung Ka.) Makam itu dijarah di zaman kuno, jadi kita tidak tahu barang kuburan apa yang dikebumikan untuk digunakan Djoser di akhirat.

2. kompleks pemakaman Djoser, menghadap ke Step Pyramid dari Heb-Sed Court, dengan bangunan batu kapur ashlar sebagai kultus pemakaman raja. Saqqara, Mesir. Kerajaan Lama, Dinasti Ketiga, 2667–2648 SM.


Pelataran Ibrani, Makam Selatan, Dan Rumah Utara

Pengadilan Heb-Sed di kompleks pemakaman (Gbr. 2) adalah tempat bagi Djoser untuk merayakan Heb-Sed (festival Sed, atau jubilee kerajaan). Heb-Sed dirayakan untuk meremajakan raja yang masih hidup setelah bertahun-tahun memerintah, dan untuk membangun kembali tatanan sosial dan politik. Para penguasa yang masih hidup merayakan festival ini pada tahun ketiga puluh pemerintahan mereka sebagai ritual peremajaan dengan berlari mengelilingi dua batu besar yang merupakan penanda batas simbolis (lihat Gambar 1) Mesir Hulu dan Hilir. Dengan melakukan itu, mereka menunjukkan kekuasaan atas Mesir yang bersatu, dan para penguasa yang telah meninggal diyakini terus mengambil bagian dalam ritual seremonial ini. Selain itu, Pengadilan Heb-Sed Djoser menampung dua baris kuil yang dibangun dari batu dengan berbagai ukuran dan gaya arsitektur lokal untuk berbagai dewa, yang patungnya dibawa dengan perahu ke Saqqara untuk merayakan festival. Karena kuil-kuil ini adalah reproduksi batu dari struktur upacara, beberapa di antaranya berbentuk padat dan tidak dapat ditembus dari bangunan berlubang yang bisa dimasuki. Cukup dengan menciptakan ruang untuk patung, Djoser mengundang dan mengantisipasi penonton abadi untuk ritual pembaruan abadinya.

 

Kompleks pemakaman juga termasuk struktur pemakaman kerajaan kedua: Makam Selatan. Tujuannya tidak diketahui, tetapi mungkin berfungsi bersama dengan piramida bertingkat dengan cara yang mirip dengan makam dan kandang kerajaan yang digunakan di Abydos (lihat Gambar Pemakaman Raja Khasekhemwy, Abydos, Mesir, periode Dinasti Awal, Dinasti Kedua, 2890–2686 SM. Dikenal di masa sekarang sebagai monumen Shunet el-Zebib.). Seperti piramida bertingkat, Makam Selatan memiliki labirin bawah tanah yang terdiri dari lubang, koridor, ruang, pintu palsu, dan kubah pemakaman yang diukir di batuan dasar dan dihiasi dengan faience tiles (semacam ubin) Mesir biru-hijau yang meniru tikar buluh.


Seperti yang telah kita lihat, pintu palsu adalah fitur arsitektur umum di interior makam Mesir, diukir dan didekorasi dengan desain geometris warna-warni di batu atau kayu untuk meniru bentuk pintu, tetapi tidak mengarah ke ruang fisik lain. Di Kerajaan Lama Mesir dan kemudian, orang Mesir memahami pintu palsu sebagai ambang batas antara dunia orang hidup dan dunia orang mati. Karena persembahan kepada almarhum ditempatkan di depan pintu-pintu ini, itu adalah fitur penting dari kapel pemakaman pribadi.

3. Raja berlari selama festival Heb-Sed, di makam bawah tanah di kompleks pemakaman Djoser. Saqqara, Mesir, Kerajaan Lama, Dinasti Ketiga, 2667–2648 SM. Relief batu. Kementerian Purbakala, Kairo.


Beberapa pintu palsu terdapat ukiran relief Djoser. Dalam salah satu pahatan relief (Gbr 3), Djoser digambarkan dalam relief rendah sebagai raja yang diremajakan yang berjalan di antara penanda teritorial Mesir Hulu dan Hilir, sehingga secara abadi merupakan komponen penting dari festival Heb-Sed ini. Djoser berjanggut memiliki tubuh ideal dan atletis, dan dia memakai mahkota putih Mesir Hulu. Seperti pada Narmer Palette, Horus sebagai elang menjaga raja. Di sini, Horus mengulurkan cakarnya yang memegang tanda kekuatan hidup (ankh) ke arah Djoser.

4. Tiang-tiang yang terhubung dari House of the North, detail ibu kota berbentuk papirus, di Pengadilan Heb-Sed, kompleks pemakaman Djoser, Saqqara, Mesir, Kerajaan Lama, Dinasti Ketiga, 2667–2648 SM.


Batu yang diukir dalam bentuk tanaman di seluruh kompleks Djoser membuat referensi ke lanskap Mesir tertentu. Misalnya, House of the North memiliki tiang-tiang yang besar berbentuk seperti batang papirus dan bunga dari lanskap delta Mesir Hilir. Orang Mesir percaya bahwa tanaman ini memenuhi rawa-rawa di sepanjang perjalanan menuju alam baka. Di sini, tiang-tiangnya berbentuk papirus bertangkai tunggal dengan bunga terbuka (Gbr. atas). Contoh kolom papirus dengan kuncup terbuka dan tertutup juga terlihat pada arsitektur Mesir selanjutnya (lihat Gambar bawah). Selain membangkitkan sumber kehidupan dan akhirat, tanaman papirus adalah komoditas berharga Mesir Hilir. Gulungan papyrus tidak hanya digunakan untuk menulis, tetapi juga untuk kebanyakan barang sehari-hari termasuk tikar, keranjang, tali, sandal, dan bahkan perahu kecil.


Piramida Giza

Pada Dinasti Ke-4 (2575–2465 SM), piramida monumental menjadi pusat ideologi negara Mesir dan ekspresi kekuasaan negara. Kompleks membutuhkan investasi tenaga kerja yang sangat besar, menyatukan banyak arsitek, pengrajin, dan administrator. Kota-kota yang direncanakan secara ortogonal (dengan jalan-jalan yang ditata dalam pola jaringan) dikembangkan untuk menampung para pekerja piramida, yang bekerja terutama selama berbulan-bulan banjir Nil, ketika tidak ada pekerjaan pertanian yang dapat dilakukan. Tiga piramida yang sangat berbeda di Medium dan Dahshur oleh Sneferu (memerintah 2613–2589 SM), Raja pertama Dinasti Ke-4, menunjukkan bagaimana arsitek dan seniman menyempurnakan prinsip-prinsip struktural, presisi geometris, dan teknik pasangan bata dan atap seperti corbeling. Piramida Merah Sneferu di Dahshur adalah piramida dengan sisi yang mulus untuk pertama yang diketahui.

5. Piramida di dataran tinggi Giza, Mesir. Piramida Khufu berada di latar depan; Piramida Agung Khafre berada di tengah; Menkaure ada di sebelah kanan, di latar belakang. Kerajaan Lama, Dinasti Keempat, 2589–2503 SM.


Setelah Sneferu, tiga penguasa Dinasti Ke-4 —Khufu (memerintah 2589–2566 SM), Khafre (memerintah 2558–2532 SM), dan Menkaure (memerintah 2532–2503 SM)— membangun kompleks mereka di atas batuan sebagai dasar dataran tinggi Giza, yang mampu menopang berat besarnya piramida mereka (Gbr. 5). Piramida ini, yang telah menunjukkan imajinasi orang selama ribuan tahun, menggabungkan arsitektur, seni, agama, dan pesan politik. Mereka adalah sisa-sisa kompleks pemakaman yang paling terlihat yang dibangun dan diberkahi oleh penguasa untuk memberlakukan kelahiran kembali mereka dalam menjamin ketertiban Mesir dan kosmos. Bertentangan dengan spekulasi kepopuleran pseudo-ilmiah tentang penyelarasan kosmik piramida ke empat arah mata angin dan dugaan mendasar mereka terhadap kepercayaan agama, piramida Giza malah disejajarkan dengan sangat praktis dengan formasi geologis yang mendasarinya memberikan substruktur alami yang baik untuk setiap struktur besarnya piramida, menunjukkan kesadaran yang tajam akan tantangan teknik yang terlibat dalam konstruksinya.

6. Puncak Piramida dan kompleks pemakaman di dataran tinggi Giza, Mesir, milik raja Dinasti Keempat Khufu, Khafre, dan Menkaure. (Gambar rencana.) Kerajaan Lama, 2589–2503 SM.
Sumber gambar: The history of Art: A Global View 


Kuil lembah yang dibangun di tepi barat Sungai Nil menerima perahu prosesi pemakaman kerajaan, yang membawa almarhum penguasa dari istana di tepi timur (Gbr. 6). Jalan lintas yang panjang dan berdinding menghubungkan kuil lembah penguasa ke kuil kamar mayat utama di sisi timur piramidanya, di mana, selama beberapa minggu, tubuhnya menjalani proses mumifikasi, pembungkusan, doa, dan mantra untuk mempersiapkannya dalam perjalanan dan transformasinya. Piramida, berisi kamar makam untuk penguasa, adalah ujung barat poros ini. Piramida batu potong yang lebih kecil dan makam Mastaba untuk ratu dan anggota keluarga kerajaan lainnya mengelilingi piramida termasuk patung batu, perabotan, dan barang-barang untuk kehidupan setelah kematian mereka. Dua perahu kayu cedar yang dibongkar dengan hati-hati ditemukan di lubang persegi di dekat piramida Khufu. Tongkang kerajaan ini dimaksudkan untuk digunakan oleh raja yang telah meninggal dan keluarganya dalam perjalanan mereka ke alam baka dan mungkin juga telah membawa tubuh raja melintasi Sungai Nil ke kompleks pemakamannya. Lubang perahu juga muncul di sebelah piramida Khafre.

7. Piramida Agung Khufu, Giza, Mesir. Gambar skema piramida dan makam piramida anak lainnya. Kerajaan Lama, Dinasti Ke-4, 2589–2566 SM.

Kompleks piramida Khufu (Gbr. 7), dibangun selama periode sepuluh hingga dua puluh tahun yang berakhir sekitar tahun 2566 SM, adalah yang terbesar di Giza. Kadang-kadang disebut Piramida Besar, piramida Khufu dibangun kira-kira sekitar 2.300.000 balok batu, masing-masing dengan berat rata-rata 2½ ton. Mencapai ketinggian 481 kaki (146.61m) dan mencakup lebih dari 13 hektar. Batu-batu dipindahkan ke lokasi melalui tenaga manusia, mungkin menggunakan kereta luncur kayu atau rol kayu, atau di atas pasir yang dibasahi dan dilapisi lumpur dari Sungai Nil untuk membuatnya licin. Bagaimana balok diangkat ke tempatnya di piramida yang sedang naik masih diperdebatkan, tetapi para pekerja kemungkinan membangun jalan dari pasir di sekitar struktur saat naik dan kemudian membongkar jalan ketika piramida selesai. Di dalam piramida ada lorong-lorong yang naik dari pintu masuk ke ruang pemakaman terpisah untuk raja dan ratu, dan turun ke ruang yang belum selesai yang diukir di batuan dasar di bawah piramida. Beberapa ahli percaya bahwa ruang bawah tanah ini awalnya direncanakan sebagai makam Khufu, tetapi karena piramida sedang dibangun, ia memilih untuk menempatkan makamnya lebih tinggi di dalamnya.

 

Permukaan luar piramida ditutupi dengan batu kapur putih halus, yang telah digali dan diangkut dari Tura, setidaknya 24 km jauhnya. Selama empat ribu tahun terakhir, sebagian besar batu kapur telah dihapus dan digunakan kembali oleh pembangun lainnya.

Komentar