Model Produksi Lumiere Bersaudara

Suasana Pasar Malam awal periode pertama sinema
Gambar: capture Movie Begins by Film Preservation Associates and The British Film Institute


Lumiere 1895
Keberhasilan Lumiere Bersaudara dalam memunculkan film, menjadikan mereka menjadi model pertama dalam memproduksi sebuah film, bahwa tahapan film dari produksi, distribusi dan eksebisi dilakukan sendiri oleh Lumiere Bersaudara. Begitu pula dengan proses film seperti pra produksi, produksi dan pasca produksi.

Pada tahap produksi, Lumiere Bersaudara mampu menciptakan teknologi kamera cinematographe —lalu kamera cinematographe tersebut menyebar dengan cepat ke seluruh wilayah Eropa dan pada tahun 1896 alat tersebut mulai diimpor ke Amerika — dan pendanaan diambil dari kocek mereka sendiri. Lumiere Bersaudara memproduksi film tanpa skenario tertulis, tidak didukung oleh staf dan orang-orang dengan profesi yang khusus, tanpa strategi dan perencanaan yang memang di disain. Pada tahap distribusi, Lumiere juga tidak melibatkan para agensi untuk distributor film mereka. Awalnya mereka hanya menyewakan film-film mereka. Namun pada tahun-tahun berikutnya, mereka memperjual-belikannya. Sedangkan pada tahap eksebisi, saat pertama kali di putar, film Lumiere yang berjudul Film Workers Leaving the Factory (gambar 1.4) dipertunjukkan secara khusus —karena ditonton oleh mereka yang hadir— di sebuah pertemuan Societe dEncouragement a lIndustrie Nationale di Paris pada tanggal 22 Maret 1895 sebagai langkah ilmiah, bukan berorientasi bisnis dan hiburan.

Setelah itu pada tanggal 28 Desemeber 1895 Grand Café di Paris, Lumière bersaudara mengadakan pertunjukan publik pertama gambar bergerak yang diproyeksikan ke sebuah layar sekaligus merupakan teater sinema pertama di dunia. Penonton rela antri dan membayar untuk melihat film berdurasi 20 menit yang terdiri dari 10 film pendek, dengan 10 show seharinya.

Komentar