Dokumenter The Rulers of The World by John Pilger Dokumenter Sejarah Indonesia yang menggambarkan bagaimana aksi mahasiswa di tahun 1998 bergejolak.



Dokumenter yang dibuat oleh Jonh Pilger di tahun 2001, merupakan gambaran akan analisis ekonomi global yang baru dan mengungkapkan bahwa perpecahan antara yang kaya dan yang miskin semakin melebar dan meluas dimana dua pertiga anak-anak di dunia hidup dalam kemiskinan, tidak seperti sebelumnya.

Film yang menyoroti para penguasa baru di dunia yang faktanya bukanlah sebuah negara adidaya, melainkan perusahaan-perusahaan multinasional yang sangat besar, yang didukung oleh pemerintah dan lembaga-lembaga internasional seperti IMF, Bank dunia dan Organisasi Perdagangan Dunia, dimana aturannya jutaan orang di seluruh dunia kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian.

Anehnya negara kaya dengan alamnya seperti Indonesia, justru memiliki penduduk miskinnya lebih banyak dari yang kaya. Beralihnya tampuk kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto, merupakan pintu bagi para perusahaan multinasional memainkan perannya di Indonesia. Mereka bukan lagi melakukan perdagangan secara umumnya, tapi sudah melakukan invasi terhadap alam dan tenaga kerja Indonesia. Sehingga Indonesia menjadi negara miskin.

Orang-orang yang sangat kaya seperti Bill Gates, memiliki kekayaan lebih besar dari seluruh Afrika. Pegolf Tiger Woods dibayar lebih untuk mempromosikan Nike daripada seluruh tenaga kerja yang diterima produk-produk perusahaan di Indonesia."

Untuk menguji dampak sebenarnya dari globalisasi, Pilger melakukan perjalanan ke Indonesia - sebuah negara yang digambarkan oleh Bank Dunia sebagai model murid sampai ekonomi globalnya runtuh pada tahun 1998.

Review Film: The New Rulers Of The World | Retorics

Komentar