Jobdesc Sutradara

Di Amerika seorang Sutradara menjalankan tugasnya sebagai berikut:


Saat naskah sedang ditulis atau ditulis ulang, produser merecanakan biayai film. Produser mencari sutradara dan bintang-bintang untuk membuat paket investasi yang terlihat menjanjikan.

Beberapa film tidak mengikuti skenario full-blown. Dokumenter, misalnya, sulit untuk secara penuh naskahnya di buat/di tulis diawal produksi. Dalam rangka untuk mendapatkan dana, umumnya, proyek membutuhkan ringkasan atau outline, dan beberapa dokumentaris lebih memilih untuk memiliki rencana tertulis meskipun nantinya mereka mengakui bahwa film ini akan berkembang dalam proses pembuatan film.

Ketika membuat film dokumenter kompilasi dari perekaman yang ada, seringkali pembuat film menyiapkan garis besar dari poin utama yang akan dibahas pada narasinya (voice-over) sebelum menulis versi final naskah dari kunci utama teksnya pada trek gambar.


Produser dan sutradara mendirikan kantor produksi, mempekerjakan kru dan casting pemeranan, serta mengamati lokasi syuting.


Produser bersama Sutradara juga menyiapkan jadwal harian untuk shooting. Hal ini dilakukan dengan acuannya pada mata anggaran.


Selama praproduksi, beberapa hal yang terjadi pada saat yang sama di bawah pengawasan sutradara dan produser, yaitu seorang penulis mungkin akan merevisi naskah sementara pengawas casting akan mencari seorang aktor.

Sutradara mengorkestrakan kontribusi beberapa unit. Khususnya pada pembagian kerja dalam produksi berskala besar, dia bekerja dengan unit yang ditetapkan, atau unit desain produksi, dipimpin oleh seorang desainer produksi.

Selama tahap perencanaan, sutradara dan desainer produksi telah menentukan efek seperti apa yang diperlukan, dan supervisor produksi terus-menerus berkonsultasi dengan sutradara serta sinematografer.

Selama shooting, sutradara mengawasi para sutradara kru! Seperti DOP, Art Director dan Sound Recordist, serta beberapa personil, seperti: 
Script supervisor
Asisten sutradara pertama
Asisten sutradara kedua
Asisten sutradara ketiga
Pelatih dialog dan Pelatih adegan
Manajer Unit dan Manajer Lokasi
Stuntman Film
Pemain
Stunt Artis, Koreografer, Animal Director

Quentin Tarantino • Senses of Cinema
Quentin Tarantino

Komentar