Seni (Lukisan) Menginspirasi Novel dan Film

 Perspektif Seni: Tracy Chevalier

Seni dapat memiliki nilai sebagai sumber inspirasi. Tracy Chevalier adalah penulis novel terlaris Girl with a Pearl Earring (1999), yang kemudian menginspirasi sebuah film (2003) yang dibintangi oleh Scarlett Johansson dan Colin Firth. Tracy menceritakan bagaimana novelnya terinspirasi dari poster lukisan terkenal karya pelukis Belanda Johannes Vermeer.

Saya pertama kali melihat lukisan Girl with a Pearl Earring (Gadis dengan Anting Mutiara, lih gbr) ketika saya berusia sembilan belas tahun dan mengunjungi saudara perempuan saya di Boston untuk liburan musim semi. Dia telah menggantungkan posternya di apartemennya. Saya sangat terpesona olehnya —warnanya! cahaya! penampilan gadis itu!— bahwa keesokan harinya saya membeli posternya sendiri. Poster yang sama telah menemani saya selama dua puluh sembilan tahun, tergantung di kamar tidur saya atau —seperti sekarang— di ruang kerja saya.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Girl_with_a_Pearl_Earring

Selama bertahun-tahun saya telah menggantung banyak lukisan lain di dinding saya. Tetapi sebagian besar seni, bahkan seni yang hebat, kehilangan pengaruhnya setelah beberapa saat. Itu menjadi bagian dari ruang yang ditujukan untuknya; itu menjadi dekoratif yang menantang. Berubah menjadi wallpaper. Kadang-kadang seseorang akan bertanya tentang salah satu lukisan di rumah saya, atau saya akan melihat ada yang bengkok dan meluruskannya, dan saya akan melihatnya lagi dan berpikir, “Oh ya, lukisan yang bagus. Aku melupakanmu.”

Girl with a Pearl Earring tidaklah seperti itu. Dia tidak pernah menjadi wallpaper. Saya tidak pernah bosan ataupun membosankan dengannya. Saya memperhatikannya sepanjang waktu, bahkan setelah dua puluh sembilan tahun. Memang, Anda akan mengira saya tidak punya apa-apa lagi untuk dikatakan tentang lukisan itu. Tetapi bahkan setelah menulis seluruh novel tentangnya, saya masih tidak dapat menjawab pertanyaan paling mendasar tentang gadis itu: apakah dia bahagia atau sedih?

Itulah kekuatan lukisan itu. Girl with a Pearl Earring belum terselesaikan, seperti karya musik yang berhenti di akord kedua dari belakang. Vermeer telah menarik kita dengan tekniknya —penanganannya yang luar biasa terhadap cahaya dan warna— tetapi dia juga menahan kita untuk tetap bersamanya. Entah bagaimana, dia berhasil mengatasi hal yang mustahil, mengabadikan momen yang berkedip-kedip dalam media permanen. Anda akan berpikir bahwa, dengan cat statis, gadis itu juga akan bersikap demikian. Tapi ternyata tidak, suasana hatinya selalu berubah, karena kami sendiri berbeda setiap kali kami melihatnya. Dia mencerminkan kita, dan kehidupan, dalam segala variasinya. Beberapa lukisan melakukannya dengan baik, itulah sebabnya Girl with a Pearl Earring adalah mahakarya yang langka.


Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Girl_with_a_Pearl_Earring_%28film%29


Terjemahan bebas Gateways to Art Understanding the Visual Arts



Komentar